Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Friday, 13 October 2017

WEEK 8 (Contoh Riset Fenomenologi): Identifikasi Pembelajaran Matematika dalam Tradisi Melemang di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi

Khoirudin Joyo

Judul Penelitian: 
IDENTIFIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM TRADISI MELEMANG DI KABUPATEN KERINCI PROVINSI JAMBI

Peneliti:
Wahyu Fitroh, Nurul Hikmawati

Latar Belakang:
Dampak dari rutinitas pengajaran matematika selama ini, maka pandangan yang menyatakan matematika semata-mata sebagai alat menjadi tidak tepat dalam proses pendidikan anak bangsa. Banyak terjadi guru lebih menekankan mengajar alat, guru memberitahu atau menunjukkan alat itu, bagaimana alat itu dipakai, bagaimana anak belajar menggunakannya, tanpa tahu bagaimana alat itu dibuat ataupun tanpa mengkritisi mengapa alat itu dipakai. Bahkan, tidak sedikit guru yang terpancing untuk memenuhi target nilai ujian yang tinggi sehingga banyak nilai-nilai lain yang jauh lebih penting bagi siswa terlupakan. Proses pendidikan matematika seperti itu sangat memungkinkan anak hanya mengahafal tanpa mengerti, padahal semestinya boleh menghafal hanya setelah mengerti.

Detective identification
Identifikasi (timeincuk.net)
Tujuan Penelitian: 
Mendeskripsikan dan mengidentifikasi pembelajaran matematika dalam tradisi melemang masyarakat kerinci yaitu masyarakat Tiga desa ( Koto Lolo, Koto Bento, Koto Tengah) Kecamatan Pesisir Bukit Kota Sungai Penuh,

Metode Penelitian:
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu cara yang digunakan untuk memecahkan masalah yang ada pada masa sekarang, penyelidikan dalam metode ini dengan menggunakan teknik pengamatan dan dokumentasi dimana teknik pengamatan dilakukan dengan mengadakan kegiatan percobaan oleh penulis sendiri untuk memperoleh suatu hasil yang diawali dengan pemilihan buluh sebagai lemang adapun tujuan pengamatan adalah untuk menyelidiki kemungkinan hubungan sebab akibat, dengan cara membandingkan peristiwa dimana terdapat fenomena tertentu dalam penelitian ini selain menggunakan teknik pengamatan peneliti juga menggunakan teknik dokumentasi.

Hasil dan Kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tradisi melemang masyarakat Kerinci khususnya masyarakat Tiga Desa ( Koto Lolo, Koto bento, Koto tengah ) merupakan kegiatan menerapkan konsep matematika menggunakan etnomatematika pada materi Tabung.

Tradisi melemang ini dapat dijadikan alternatif pembelajaran matematika di luar kelas serta dijadikan bahan rujukan sebagai pemecahan masalah matematika kontekstual khusus pada materi Tabung siswa Sekolah Menegah Pertama Semester 2 Kelas VIII

Penelitian ini hanya terfokus pada satu subkajian objek saja agar lebih efisien dan efektif dalam pembahasan namun tidak menutup kemungkinan untuk dikembangkan pada materi matematika lain dengan bentuk tradisi-tradisi masyarakat sesuai dengan tradisi masyarakat dimana siswa bertempat tinggal.

Referensi:
Wahyu Fitroh, Nurul Hikmawati. (2015). Identifikasi Pembelajaran Matematika dalam Tradisi
Melemang di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Universitas Jambi: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS 2015.


0 comments:

Post a Comment