Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Saturday, 14 October 2017

WEEK 9 (Contoh Riset Grounded Theory): Aplikasi Aturan Cosinus Dan Sinus Segitiga Bola dalam Perhitungan Arah Kiblat (Sebuah Relasi Antara Matematika dan Agama)

Khoirudin Joyo

Judul Penelitian: 
APLIKASI ATURAN COSINUS DAN SINUS SEGITIGA BOLA DALAM PERHITUNGAN ARAH KIBLAT (SEBUAH RELASI ANTARA MATEMATIKA DAN AGAMA)

Peneliti:
Agus Solikin

Latar Belakang:
Rumus yang sering digunakan dalam lieratur-literatur falak yaitu rumus cosinus dan sinus. Namun, dalam banyak literatur falak, rumus cosinus dan sinus dalam aplikasinya pada perhitungan arah kiblat langsung dijelaskan tentang cara penggunaanya dalam perhitungan praktis tanpa dijelaskan proses terbentuknya atau terjadinya rumus perhitungan tersebut.

Tujuan Penelitian: 
Mengaplikasikan rumus cosinus dan sinus dalam perhitungan arah kiblat

Metode Penelitian:
Analisis Rumus Cosinus Dan Sinus Perhitungan Arah Kiblat

Arah Kiblat
Arah Kiblat (prweb.com)

Hasil dan Kesimpulan

Hasil Perhitungan Arah Kiblat dengan Menggunakan Rumus Cosinus dan Sinus
Hasil Perhitungan Arah Kiblat dengan Menggunakan Rumus Cosinus dan Sinus

Rumus perhitungan arah kiblat dengan menggunakan aturan sinus dan kosinus berangkatnya dari rumus sinus dan kosinus dalam segitiga bola, dan memiliki dua bentuk rumus yang berbeda.

Perhitungan arah kiblat dengan aturan sinus dan kosinus kedua bentuk rumus menghasilkan hasil perhitungan yang sama.

Berdasarkan kajian di atas mulai awal hingga akhir dapat disimpulkan bahwa anatara matematika dan agama memiliki relasi.

Referensi:
Solikin, A.. (2016). Aplikasi Aturan Cosinus Dan Sinus Segitiga Bola dalam Perhitungan Arah Kiblat (Sebuah Relasi Antara Matematika dan Agama). Journal of Mathematics Education, Science and Technology Vol. 1, No. 2, Desember 2016. Hal 28 – 39.




0 comments:

Post a Comment