Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Saturday, 30 September 2017

WEEK 6: Riset Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif & Desain Riset

Khoirudin Joyo

Sebelumnya kita telah membahas tentang Riset Fenomenologis. Pertemuan kali ini kita akan membahas tentang salah satu dari lima pendekatan kualitatif dalam penelitian menurut John W. Cresswell yaitu Riset Studi Kasus.

Pengertian 
Riset Studi Kasus mencakup studi tentang suatu kasus dalam kehidupan nyata, dalam konteks atau setting kontemporer. Penelitian studi kasus adalah pendekatan kualitatif yang penelitinya mengeksplorasi kehidupan nyata, sistem terbatas kontemporer (kasus) atau beragam sistem terbatas (berbagai kasus), melalui pengumpulan data yang detail dan mendalam yang melibatkan beragam sumber informasi majemuk dan melaporkan deskripsi kasus dan tema kasus. 
Case Study detective
Case Study (marketo.com)
Ciri Riset Studi Kasus
  1.  Riset studi kasus dimulai dengan mengidentifikasi satu kasus yang spesifik.
  2. Tujuan dari pelaksanaan studi kasus tersebut juga penting.
  3. Ciri utama dari studi kasus kualitatif yang baik adalah studi kasus itu memperlihatkan pemahaman mendalam tentang kasus tersebut.
  4. Pemilihan pendekatan untuk analisis data dalam studi kasus akan berbeda-beda.
  5. Agar analisisnya dapat dipahami dengan baik, riset studi kasus yang baik juga melibatkan deskripsi tentang kasus tersebut.
  6. Di samping itu, tema atau masalah itu dapat diorganisasikan menjadi kronologi oleh peneliti,    menganalisis keseluruhan kasus untuk mengetahui berbagai persamaan atau perbedaan di antara kasus tersebut, atau menyajikannya dalam suatu model teoritis.
  7. Studi kasus sering diakhiri dengan kesimpulan yang dibentuk oleh peneliti tentang makna keseluruhan yang diperoleh dari kasus atau kasus tersebut.
Tipe Studi Kasus
  1. Berdasarkan ukuran batasan dari kasus tersebut, misalnya apakah kasus tersebut melibatkan satu individu, beberapa individu, suatu kelompok, suatu program besar, atau suatu aktivitas.
  2. Berdasarkan tujuan dari analisis kasusnya yaitu terdapat studi kasus instrumental tunggal, studi kaus kolektif, studi kasus intrinsik.
Prosedur Pelaksanaan Riset Studi Kasus
  1. Peneliti menentukan apakah pendekatan studi kasus sudah tepat untuk mempelajari permasalahan risetnya.
  2. Peneliti perlu mengidentifikasi kasus atau beberapa kasus mereka. 
  3. Pengumpulan data meluas mengambil berbagai sumber informasi. 
  4. Menganalisis data berupa analisis holistik
  5. Peneliti melaporkan makna dari kasus tersebut, apakah makna tersebut datang dari pembelajaran tentang persoalan dari kasus tersebut (kasus instrumental) atau pembelajaran tentang situasi yang tidak biasa (kasus intrinsik).

Tantangan Riset Studi Kasus

Peneliti harus mengidentifikasi kasus tersebut.

Referensi: Creswell, John.W. 2013. Qualitative Inquiry &Research Design: Choosing Among Five Approaches. Third Edition. SAGE Publication: California. Terjemahan Ahmad Lintang Lazuardi. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset : Memilih di antara Lima Pendekatan. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

0 comments:

Post a Comment