Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Sunday, 4 June 2017

Ringkasan Modul Kewirausahaaan Untuk Program Strata 1: BAB 2 BERPIKIR PERUBAHAN

Khoirudin Joyo

Pola pikir (mindset) adalah keseluruhuan/ kesatuan dari keyakinan yang kita miliki, nilai-nilai yang kita anut, kriteria, harapan, sikap, kebiasaan, keputusan, dan pendapat yang kita keluarkan dalam memandang diri kita sendiri, orang lain, atau kehidupan ini.

Agar berhasil, kita semua perlu memahami pola pikir masing-masing. Kita harus membawanya keluar ke tingkat sadar, memerhatikannya dengan baik dan melihat apakah ada pikiran-pikiran negatif yang harus kita buang.

Dalam masalah konsumsi, seorang entrepreneur berkarakter produktif, bukan konsumtif. Seorang entrepreneur juga selalu berusaha “mencari cara baru” untuk meningkatkan utilitas sumber daya secara efisien.


Ringkasan Modul Kewirausahaaan Untuk Program Strata 1: BAB 2 BERPIKIR PERUBAHAN
Entrepreneur (franchiseindia.com)

Untuk mencapai kecerdasan finansial ala Covey maupun kesuksesan finansial ala Kiyosaki tersebut, kita harus melakukan kreativitas finansial. Kreatifitas fnansial berusaha mengubah mindset yang ada pada dirinya masing-masing mengikuti pola pikir “manusia sejahtera” ang efisien dan sesuai “konsep ekonomis”

Kreativitas secara finansial dalam kenyataanya merupakan kesediaan untuk berpindah dari zona yang dianggap nyaman sebelumnya ke zona baru yang penuh dengan tantangan. 



Referensi:
Kasali, R. dkk. 2010. Modul Kewirausahaaan Untuk Program Strata 1. Jakarta: Hikmah (PT Mizan Publika)

0 comments:

Post a Comment