Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Sunday, 4 June 2017

6 Sarana Pendukung Presentasi yang Baik

Khoirudin Joyo

Penyajian presentasi yang terbaik bukan hanya dengan multimedia, tetapi jika diperlukan masih ada cara lain. Selain materi atau naskah, diperlukan sarana lain demi keberhasilan presentasi. Berdasarkan penelitian, orang dapat mengingat 10 persen dari apa yang dibaca, 20 persen dari yang didengar, 30 persen dari yang dilihat, dan 50 persen dari yang dilihat dan didengar. sarana bantu visual yang biasa digunakan adalah sebagai berikut.


Flip Charts (pbs.twimg.com)


❖Handout

Handout merupakan lembaran kertas yang berisi ringkasan materi, kerangka, abstrak, laporan tertulis atau materi tambahan seperti tabel dan grafik. Handout dapat digunakan untuk mengingat pembicaraan dan ide-ide presentasi, bahkan dijadikan refrensi dalam mengikuti presentasi.

Papan Tulis
Papan tulis berguna dalam kelompok kecil peserta, untuk menguraikan ide sambil berbicara dengan tetap memandang peserta.

Flip Charts
Flip Charts merupakan lembaran kertas yang ditempelkan pada sebuah papan penyangga. Alat bantu ini digunakan untuk menjelaskan pokok presentasi yang merupakan garis besar hal-hal penting seperti grafik atau diagram dengan menuliskan langsung pada kertas dengan spidol aneka warna.

Transparansi atau Kertas Tembus Cahaya
Kertas ini banyak digunakan pada presentasi bisnis dan akademis untuk menyajikan berbagai ilustrasi dengan Overhead Projector (OHP). Transparansi dapat dibuat di atas plastik khusus dengan spidol, fotokopi, atau printout komputer. Informasi dalam satu lembar jaringan terlalu rumit.

Slide
Slide, dapat menampilkan informasi dalam bentuk foto tanpa anda harus banyak dikomentari. Menggunakan slide perlu dibantu oleh operator yang mampu mengkoordinir antara slide dan pembicaraan. Juga perlu diperiksa apakah alat dapat digunakan dengan baik.

Liquid Crystal Display atau Multimedia
LCD multimedia merupakan media informasi dengan teknologi tinggi yang diatur dari komputer. Dengan alat ini informasi dalam bentuk apapun dapat disampaikan dengan lengkap, terlebih dengan menggunakan fasilitas hyperlink yang dapat dikonfigurasikan dengan program power point. Sekarang, setiap presenter dituntut terampil membuat dan menggunakan teknik ini dalam setiap presentasi yang akan disajikan.

Harapan saya setelah membaca artikel ini yang berjudul 6 Sarana Pendukung Presentasi yang Baik, anda akan mampu membuat presentasi yang menarik dari sarana pendukung yang telah saya jabarkan.

0 comments:

Post a Comment