Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Tuesday, 26 April 2016

Dapatkah Anda Menebak Hewan Apa Ini dari Hanya Melihat Mata Mereka

Khoirudin Joyo

Mata merupakan salah satu indera yang memiliki fungsi sangat penting bagi makhluk hidup, mulai dari manusia hingga hewan. Sementara itu, dalam dunia biologi sendiri organ mata adalah sebuah fitur yang memiliki bentuk sangat menarik dan menawan. Bisa dibilang menarik, karena di dalam organ mata tersebut menyimpan sebuah keunikan yang dapat dikaitkan dengan seni fotografi. 

Sekarang ini tengah muncul sebuah trend fotografi hewan yang hanya difokuskan pada bagian matanya saja. Dengan begitu, hasil dari jepretan tersebut akan menjadi daya tarik bagi masyarakat. Bahkan trend fotografi pada organ mata tersebut seringkali memunculkan banyak pertanyaan, salah satunya adalah dapatkah anda menebak hewan apa ini dari hanya melihat mata mereka.

Kepopuleran jepret organ mata tersebut semakin didukung dengan adanya keanekaragaman jenis hewan yang memiliki bentuk sekaligus desain mata yang sangat unik dan berkembang. Golongan hewan yang sangat menarik untuk difoto bagian matanya, diantaranya adalah burung, amfibi, mamalia, dan reptil.

Baru baru ini muncul sebuah karya foto yang memunculkan banyak pertanyaan berikut, dapatkah anda menebak hewan apa ini dari hanya melihat mata mereka.

Gargoyle Gecko atau kadal
Mata 
Hewan yang ada pada foto tersebut memiliki nama latin Gargoyle Gecko atau kadal. Tahukah anda bahwasanya hewan dalam foto tersebut merupakan salah stau hewan yang terancam punah. Hewan yang satu ini hanya dapat dijumpai di bagian ujung selatan pulau Kaledonia Baru.

Gargoyle Gecko

Kemudian, mata hewan apakah ini?

Ternyata ini adalah mata dari macaw merah (Ara macao). Burung jantan dan betina merah macaw sangat mirip dalam warna, sedangkan yang lebih muda memiliki ekor pendek dan mata abu-abu-coklat bukan kuning seperti pada gambar ini

Ara macao

0 comments:

Post a Comment