Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Sunday, 13 March 2016

7 Hal Positif Tidur dengan Mematikan Lampu Ruangan

Khoirudin Joyo

Setiap orang memiliki kebiasaan tidur yang berbeda-beda. Biasanya orang tidur pada malam hari untuk mengistirahatkan diri dari kegiatan yang sudah dilakukan pada siang harinya. Namun, beberapa orang juga melakukan tidur pada siang hari untuk menyegarkan diri kembali. Yang menarik untuk dibagas adalah kebiasaan tidur yang berhubungan dengan penerangan. Beberapa orang nyaman tidur pada ruangan yang gelap. Namun, banyak juga orang yang masih terbiasa tidur di tempat yang terang benderang. Padahal, kebiasaan tidur di tempat dengan intensitas cahaya rendah terbukti memiliki banyak manfaat.
Tidur Sleep Off
Tidur (mysleepace.com)
Tidur dengan mematikan lampu ruangan atau tidur pada ruangan yang gelap memiliki banyak manfaat. Berikut ini berbarapa manfaat tidur pada ruangan gelap yang sudah kami rangkum.

1. Tidur akan lebih mudah.
Ketika kita tidur dengan lampu yang mati akan lebih cepat memproses tidur jika dibandingkan dengan tidur dengan cahaya lampu yang masih terang.

2. Meningkatkan produksi hormon melatonin.
Tidur pada ruangan yang gelap juga dapat membuat produksi hormon melatonin semakin lebih baik. Hormon melatonin yang merupakan salah satu hormon kekebalan tubuh untuk pertahanan terhadap gangguan kesehatan berbahaya seperti kanker prostat dan kanker payudara. Sebagaimana yang dijelaskan di atas bahwa dengan tidur tanpa cahaya lampu memberikan produksi hormon melatonin yang maksimal dan semakin lebih baik untuk mengusir penyakit.

3. Menstabilkan emosi
Melalui beberapa sumber dikatakan bahwa tidur tanpa cahaya lampu lebih baik untuk mengkontrol dan menstabilkan emosi dibandingkan dengan tidur menggunakan cahaya lampu.

4. Kerja Otak Semakin Meningkat dan tidak mudah lupa
Orang yang tidur tanpa cahaya lampu memberikan dampak positif yang salah satunya adalah untuk meningkatkan kerja otak dan menghambat sifat lupa.

5. Meredakan dan meringankan tingkat stres
Stress dapat terjadi kapanpun dan di manapun serta dalam kondisi apapun, maka salah satu manfaat tidur tanpa cahaya lampu adalah untuk meredakan dan meringankan tingkat stress yang dialami.

6. Mengurangi obesitas
Manfaat lain dari mematikan lampu saat tidur ternyata dapat mengurangi lemak tubuh dan menghindarkan Anda dari resiko obesitas (kegemukan).

7. Mengurangi depresi
Dan tidur tanpa cahaya lampu pada malam hari juga dipercaya dapat mengurangi tingkat depresi yang dapat anda alami ketika menjalani aktivitas anda sehari-hari.

Dari uraian di atas, terlihat bahwa mematikan lampu sebelum tidur memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Sayangnya, banyak orang kurang peduli dengan hal tersebut. Banyak juga orang yang tetap biasa tidur di tempat yang terang karena alasan-alasan tertentu.

Di samping banyaknya manfaat yang kita peroleh dengan tidur di tempat yang gelap, ternyata tidur di tempat yang terang justru memberikan dampak negatif bagi tubuh kita. Laporan hasil penelitian OHIO STATE UNIVERSITY MEDICAL CENTRE menyatakan bahwa, tidur dengan keadaan lampu yang menyala dapat menimbulkan perubahan struktur pada otak dan menyebabkan depresi. Paparan cahaya lampu saat tidur malam hari juga tidak bagus bagi wanita karena dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara dan kanker usus besar bagi kaum wanita. Tidur dengan lampu menyala juga dapat mengakibatkan jam biologis tubuh terganggu, akibatnya anda dapat terkena gangguan tidur, penyakit kardiovaskular dan gangguan metabolisme. Serta kemungkinan terkena diabetes yang mengancam hidup anda. Untuk itu, membiasakan mematikan lampu sebelum tidur adalah langkah yang bagus bagi kesehatan anda.
(Penulis/Aditya Rizaldi)

2 comments: