Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Monday, 18 January 2016

Tangan Robot Si Jenius Iron Man Nyata dari Bali

Khoirudin Joyo

Keterbatasan melahirkan kemampuan baru yang luar biasa. Hal ini tercermin dari seorang tukang las bernama I Wayan Sumardana alias Tawan berusia 31 tahun. Dia berasal Banjar Tauman, Desa Nyuhtebel, Karangasem, Bali. Pak Tawan hidup bersama istrinya yang bernama Ni Nengah Sudartini dan tiga orang anak yang masih kecil-kecil. Mereka hidup dalam kesederhanaan. 

Sekitar enam bulan yang lalu, tangan Pak Tawan mengalami kelumpuhan total dan didiagnosa oleh dokter bahwa dia mengalami sakit stroke ringan . Keterbatasaan ini tidak menggoyahkan perjuangannya. Pak Tawan mampu membuat robot penggerak untuk tangan kirinya yang mengalami kelumpuhan. Pengalaman sewaktu belajar di STM Rekayasa Denpasar dan keahliannya dalam mengolah bahan-bahan elektronik bekas berbuah manis sehingga berhasil membuat karya yang bermanfaat untuk kelangsungan hidupnya. Ia mencari banyak  informasi di internet untuk bisa merancang alat atau sejenis robot yang bisa membantu menggerakkan tangan kirinya yang telah lumpuh total.

Robot Tangan (ilustrasi-algibrannayaka)

Beberapa komponen untuk membuat robot tangan ini berasal dari komponen shock sepeda motor, dan juga perangkat elektronik komputer yang sudah tidak terpakai. Setelah mencoba dan mencoba, akhirnya pada percobaan yang kelima karya ini dapat digunakan. Walaupun menurut Pak Tawan robot tangan buatannya belum begitu sempurna, akan tetapi karnanya tersebut sudah sangat membantu untuk dirinya dalam bekerja sehari-hari. Ia merasakan bahwa dengan robot tangan kirinya, ia mampu mengangkat beban menjadi lebih ringan daripada mengangkat beban menggunakan tangan kanannya yang normal. Namun, untuk bisa menggerakkan robot tangan miliknya, ia harus berkonsentrasi penuh dan fokus tinggi agar tangan mampu diperintahkan sesuai keinginan. 

Tak sia-sia perjuangan Pak Tawan dalam bekerja mencari nafkah untuk keluarganya. Dengan kemampuan robot tangannya ini, ia masih bisa bekerja mengelas berbagai besi untuk dirangkai menjadi perabotan rumah tangga yang dipesan orang-orang di sekitarnya. Oleh warga sekitar ia dijuluki manusia robot dan juga sebagai si jenius atas karyanya tersebut. 

Dalam situs Fan Page 9GAG di facebook dan pasa situs 9GAG (juga diposting gambar tentang kehidupan Pak Tawan. Di sana tertulis "This is Mr. Tawan, the real Iron Man from Bali, Indonesia. 

Fan Page 9GAG (facebook)
Dari komentar-komentar yang ada, banyak orang-orang dari luar Indonesia yang sangat tidak mempercayai hal ini bisa terjadi. Mereka tidak habis pikir, dari negara Indonesia ada orang yang berhasil menciptakan robot tangan kendali otak dengan barang-barang komponen bekas. Namun orang-orang yang berasal dari Bali dan pernah menemui kediaman pak Tawan mengatakan bahwa Itu nyata! dan memang benar-benar ada di Bali, Indonesia. 

Foto-foto Pak Tawan: 

Sosok Pak Tawan (pict:tempo)

Pak Tawan sedang bekerja mengelas besi (pict:tempo)

Pak Tawan sedang bekerja mengelas besi (pict:tempo)

Chip yang terpasang di kepala (pict:tempo)

Pak Tawan menggunakan robot tangan kirinya untuk menggerakkan benda (pict:tempo)

Kondisi bengkel kerjanya (pict:tempo)
Semoga ada perhatian lebih dari pemerintah tentang kejeniusan pak Tawan ini. Sehingga kehidupannya bisa lebih baik lagi dan menebarkan manfaat bagi banyak orang di seluruh Indonesia bahkan dunia. 
(referensi: balipost, tempo)

0 comments:

Post a Comment