Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Friday, 22 January 2016

6 Hal yang Harus Diketahui Untuk Menjadi Presenter Handal

Khoirudin Joyo

Untuk mencapai presentasi yang memuaskan atau masuk dalam kriteria berhasil, maka presentasi harus mempunyai beberapa syarat yang harus dipenuhi. Beberapa hal tersebut yaitu penjelasan sesuai dengan tingkat nalar pendengar, presentasi menarik perhatian peserta, isi presentasi disajikan dengan sistematis, terdapat rencana tindak lanjut serta presentasi berisikan ilustrasi yang sangat kuat. Untuk menambah refrensi anda, cara-cara ini juga sangat penting untuk diketahui oleh para presenter sebab cara ini juga sangat menarik untuk dipraktikkan. Cara tersebut antara lain sebagai berikut

6 Hal yang Harus Diketahui Untuk Menjadi Presenter Handal
Presenter (casting.id)
1. Have a Killer Opening Slide
Slide pembuka menjadi awal presentasi merupakankesempatan emas anda untuk menarik perhatian pendengar, karena itu kita tidak boleh ragu ataupun canggung. Gunakan gambar yang unik, menarik, dan bermainlah dengan warna yang dapat mengundang perhatian.

2. Use a Color Scheme
Gunakanlah skema warna yang tepat dalam menciptakan keharmonisan dan profesionalitas dalam menyuguhkan sebuah presentasi. Abda dapat menggunakan skema sesuai yang sudah disediakan oleh power point. 

3. Use Stunning Visuals
Slide adalah alat komunikasi visual. Karena itu, gunakanlah gambar, diagram, dan tampilan visual lainnya yang dapat membantu penonton untuk lebih mudah memahami apa yang kita maksud dengan cepat. Gunakan pula gambar yang mampu menarik perhatian, agar memancing rasa ingin tahu, dan membuat penonton selalu ingin mendengar kelanjutan presentasi tersebut.

4. Get Your Text Right
Perlu dicamkan, jika presentasi anda untuk dilihat abnyak orang. Pastikan teks yang digunakan dengan tepat dan mudah dibaca.
Gunakan font yang cukup besar, sehingga memudahkan orang untuk melihat dengan baik meskipun ia duduk dibangku paling belakang sekalipun. 

5. Use CRAP
Ciptakan perbedaan antara elemen dalam slide anda. Setiap elemen dalam presentasi baik gambar dan teks menciptakan sebuah hubungan yang sinkron. Dekatkan elemen yang merupakan satu kesatuan dan beri jarak dengan elemen yang menjelaskan hal berbeda.


6. Use Video and Share Your Presentation
Sesekali selipkanlah sebuah video ke dalam presentasi anda. Persiapkan dengan baik agar video bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kendala teknis. Selalu buat ringkasan atau kesimpulan dari presentasi anda agar penonton dengan mudah mengingat kembali seluruh poin penting di dalamnya.

Harapan saya dengan artikel ini yang berjudul 6 Hal yang Harus Diketahui Untuk Menjadi Presenter Handal, anda bisa menjadi seorang presenter handal.

Baca Juga Materi Presentasi Lainnya di: Kumpulan Materi Presentasi

0 comments:

Post a Comment