Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Thursday, 26 November 2015

Robot Canggih dengan Sistem Kendali Pikiran

Khoirudin Joyo

Dulu banyak sekali orang yang menginginkan untuk memiliki sebuah robot yang dapat dikendalikan dengan menggunakan pikiran. Namun sekarang Robot canggih dengan sistem kendali pikiran ternyata bukanlah sebuah rumor belaka atau khayalan. Beberapa kelompok ilmuwan berasal dari pasal Politeknik School of Lausanne yang berasal dari Swiss telah berhasil menciptakan suatu robot yang dibekali dengan teknologi canggih yang mampu dikendalikan hanya dengan menggunakan pikiran manusia itu sendiri 

Robot Canggih dengan Sistem Kendali Pikiran
Robot dengan Kendali Pikiran (youtube)
Robot canggih dengan sistem kendali pikiran ini dapat dikontrol dengan menggunakan sebuah topi elektroda yang dihubungkan dengan melalui gelombang otak ini berhasil dikembangkan oleh salah seorang Profesor terkenal dari Federal Politeknik School of lausanne, Jose Millian, spesialisasi pada bidang non invasif interfaces diantara mesin dan juga otak manusia. Sistem kendali pada suatu robot hanya dengan menggunakan pikiran manusia itu pertama kali didemonstrasikan oleh orang yang mengalami kelumpuhan atau cacat. 

Sistem kendali robot yang berhasil Jepang tersebut akan diujicobakan dengan menggunakan orang yang sedang duduk di kursi roda di suatu rumah sakit dan menggerakkannya hanya dengan menggunakan pikirannya saja. Namun sayangnya teknologi yang sangat canggih tersebut masih mempunyai keterbatasan. Apa itu? Yaitu otak akan teracak secara random apabila terlalu banyak orang yang sedang berkumpul di sekeliling si penguji. Dan kabar terbaru kini adalah Jose Millian mengatakan bahwa sistem kendali robot sebut hanya bisa diaplikasikan untuk dapat menggerakan kursi roda saja dan juga dapat membantu dalam pemuliaan indra pada pasien.

0 comments:

Post a Comment