Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Monday, 2 November 2015

Kacamata EnChroma Solusi untuk Penderita Buta Warna

Khoirudin Joyo

Di era globalisasi ini memang sudah diakui bahwa perkembangan teknologi berlangsung sangat pesat. Tentu dengan adanya pemanfaatan teknologi yang baik mampu menciptakan beragam alat yang mampu membantu kehidupan manusia. Hal tersebut secara nyata menjadi bukti dari kehadiran kacamata EnChroma, solusi untuk penderita buta warna.

Kacamata EnChroma Solusi untuk Penderita Buta Warna
Kacamata EnChroma (dudeiwantthat.com)
Rupanya selama ini banyak orang yang beranggapan terhadap penderita buta yang hanya dapat melihat warna hitam dan putih saja. Ternyata anggapan tersebut merupakan kesalahan yang besar, karena sebenarnya penderita buta warna dapat melihat dengan jelas beragam warna yang ada, hanya saja tidak memiliki kemampuan untuk dapat membedakan warna tersebut. 

Rancangan dari kacamata EnChroma memang ditujukan khusus bagi penderita buta warna. Cara kerja dari alat ini adalah dengan melakukan pengurangan terhadap jumlah transmisi yang berasal dari gelombang cahaya panjang tertentu secara selektif, sehingga akan memicu munculnya warna hijau dan merah. Sementara itu, coating atau lapisan pada bagian lensa menjadi kunci utama dari kacamata EnChroma sebagai solusi untuk penderita buta warna.

Perbedaan kacamata Enchroma dengan kacamata pada umumya adalah dari lensanya yang lebih keras serta tahan terhadap goresan. Kacamata ini juga telah dilengkapi oleh fitur color correction yang hanya mampu bekerja pada sinar cahaya yang terang. Harga yang ditawarkan tentu sangat mahal, yakni berkisar $800 per unitnya yang telah lengkap dengan lensanya.

0 comments:

Post a Comment