Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Thursday, 5 November 2015

6 Faktor Penyebab Tenggelamnya Kapal Titanic

Khoirudin Joyo

Kini sudah diketahui bahwa faktor penyebab tenggelamnya kapal Titanic terpecahkan. Peristiwa ini masihkah Anda ingat pada tahun 1912? Tepatnya di tanggal 14 April? Sebuah peristiwa yang telah merenggut 1514 nyawa manusia yang dapat membuka mata manusia bahwa alam lah raja yang ada di bumi ini. Seberapapun kuatnya manusia dalam menciptakan sesuatu yang dianggap sangat hebat, namun jika dibandingkan dengan alam tetaplah hasilnya nihil. Suatu peristiwa yang sudah diringkas dalam layar lebar, yaitu film Titanic.

Hampir semua orang yang menyaksikan film tersebut menangis mengetahui bahwa banyak sekali tragedi yang menyedihkan. Sebenarnya ada beberapa hal yang dapat menyebabkan peristiwa itu terjadi. Apa saja faktor penyebab tenggelamnya kapal Titanic tersebut? Berikut ini jawabannya. 

Titanic (ytimg.com)
1. Faktor cuaca
Kondisi dari cuaca yang ada di Samudra Atlantik pada saat itu membuat terbentuknya gunung es.

2. Kecepatan kapal
Kecepatan kapal Titanic terlalu cepat. Ketika ada masalah di depan mata tidak dapat terelakkan. Dikarenakan menabrak gunung es yang cukup besar, sehingga membuat lubang di bagian bawah kapal.

3. Adanya gelombang pasang.
Hal ini sangat memungkinkan berkumpulnya serpihan-serpihan es hingga akhirnya akan membuat gunung es.

4. Kesalahan ketika memberikan perintah manuver kapal.
Sebelum adanya tabrakan yang tidak terelakkan, ada seorang Perwira kapal yang memerintahkan untuk memundurkan kapal ke ruang mesing. Namun karena konfigurasi yang cukup rumit membuat baling-baling tidak bisa diputar mundur.

5. Jumlah sekoci yang tidak sesuai
Dalam kapal Titanic sudah tersedia sekoci. Namun hal tersebut ternyata tidak sesuai dengan jumlah penumpang di kapal Titanic. Sehingga kecelakaan pun tidak terelakkan.

6. Suhu air laut
Suhu air laut yang sangat dingin di perairan Samudera Atlantik membuat beberapa atau bahkan semua orang tidak dapat selamatkan. Hal dikarenakan sangat banyak orang yang merasakan kedinginan sehingga suhu tubuh makan menurun drastis.

0 comments:

Post a Comment