Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Thursday, 26 November 2015

5 Tips Ampuh Membuat Slide Presentasi dengan Benar

Membuat slide presentasi sebenarnya tidak sesulit apa yang kita bayangkan. Hanya saja kita membutuhkan imajinasi, ide, dan kesabaran dalam menggarapnya. Membuat media presentasi dengan jumlah slide yang banyak belum tentu bisa menimbulkan kesan bahwa anda adalah seorang presenter yang profesional dan pintar. Justru dengan slide yang sedikit, pendengar sudah bisa melihat seberapa dalam anda paham dan mengerti media yang  baik dan efektif.  Berikut tips untuk membuat slide dengan benar, adakah sebagai berikut.

5 Tips Ampuh Membuat Slide Presentasi dengan Benar
Presentasi
1. Pilih Slide Anda Dengan Benar
Untuk membuat kesan yang baik, sebaiknya anda membuat tiga bagian presentasi antara lain adalah.
Bagian pembuka untuk menarik perhatian dan mengemukakan permasalahan.
Bagian penjabaran yang berisikan gagasan atau ide anda.
Bagian penutup berisikan solusi atau konklusi.

2. Atur Waktu Presentasi Anda
Jika waktu yang diberikan 30 menit, bukan berarti kita harus berbicara selama 30 menit. Sebaiknya anda melakukan presentasi selama 15-20 menit saja. Usahakanlah tidak lebih ataupun tidak kurang dari waktu ini. Presentasi yang panjang dan lama justru akan membuat orang tidak mengerti dengan pesan anda dan mungkin tertidur selama anda presentasi. Perhatikan durasi presentasi anda, selalu sisakan waktu untuk berinteraksi dengan pendengar anda.

3. Gunakan Gambar Atau Ilustrasi
Usahakanlah untuk menggunakan gambar, foto, ataupun ilustrasi yang mendukung. Hal ini bermaksud agar para pendengar tidak merasa bosan dan mengerti apa yang dimaksud oleh anda selama presentasi berlangsung.

4. Pemilihan Kata Yang Tepat
Pemilihan kata sangat berperan penting dalam kesuksesan presentasi. Hindari kata-kata yang tidak umum (jargon). Menggunakan kata yang singkat, padat dan jelas merupakan kesempatan agar bisa menjelaskan kepada pendengar anda dan merebut kembali perhatian mereka. 

5. Buat Slide Sesederhana Mungkin
Kunci media presentasi yang baik adalah sederhana dan jelas. Jangan terlalu banyak dekorasi gambar dan efek yang tidak perlu. Slide yang sederhana tentu membuat anda lebih diperhatikan ketika presentasi. Membuat presentasi yang baik diperlukan latihan dan sedikit eksperimen dari diri anda. Anda akan menemukan gaya presentasi dan juga pemilihan kata-kata.

Semoga dengan artikel ini yang berjudul 5 Tips Ampuh Membuat Slide Presentasi dengan Benar, bisa membantu anda dalam membuat presentasi.

Baca Juga Materi Presentasi Lainnya di: Kumpulan Materi Presentasi

0 comments:

Post a Comment