Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Sunday, 18 October 2015

Trik Ampuh Atasi Rasa Takut Saat Presentasi

Sebagian orang memiliki rasa takut yang berbeda-beda disaat harus berbicara di depan umum saat melakukan presentasi, hal ini yang ironi ini terjadi karena kebanyakn orang merasa nyaman jika berbicara dengan satu atau dua orang dalam waktu yang sama, namun merasa canggung ketika berbicara dengan lebih banyak orang. 

Rasa gugup tersebut dapat menyebabkan reaksi fisik yang terlihat dengan jelas, seperti bernapas dengan cepat, berkeringat, bibir menjadi kering, dan merasa sakit pada saluran pencernaan atau umumnya seperti mual.

Afraid Trik Ampuh Atasi Rasa Takut Saat Presentasi
Rasa Takut (hdwallpapersimages)
Hal ini yang kemudian menyebabkan kita menjadi panik. Sebenarnya kita tidak perlu takut seperti itu dan siapapun dapat belajar mengatasinya dari masa lalu tersebut. Kita hanya perlu menguasai lima teknik dasar untuk mengatasi rasa cemas dan panik tersebut. Untuk lebih jelasnya bisa kita lihat dalam ulasan berikut.

Fisik, Mental, dan Pengelolaan Perilaku Kognitif
Jika kita sedang merasa tertekan, respons streslah yang akan kita rasakan. Kebalikan kondisi ini adalah respon santai. Cara mudah untuk merangsang respons santai adalah dengan mengontrol pernapasan. Bernapas ringan selama tiga hitungan, tahan napas anda selama satu hitungan, kemudian keluarkan napas anda selama sembilan hitungan. Teknik ini akan memperlambat pernapasan dan meningkatkan aliran oksigen anda ke otak. Tempatkan kondisi mental anda dalam keadaan positif, maka kita akan bisa melawan respon stres secara mental.
Keyakinan kita pada kemampuan untuk menafsirkan hal-hal yang terjadi pada kita merupakan sebuah cara yang akan membangkitkan pikiran, emosi, dan perilaku kita. Cara termudah untuk menghadapi pikiran negatif adalah fokus dengan satu hal positif.

Penggambaran dan Kontak Mata.
Banyak diantara kita jika sedang turun percaya dirinya akan melakukan hal melihat lantai, ke atap, dan tempat lain daripada pesertanya. Berlatihlah untuk berani melakukan banyak kontak mata kepada semua orang untuk mensensitifkan diri anda dengan proses ini. Lihatlah kepada mereka yang ada di depan dibagian kiri anda dan lakukanlah kontak mata.
Kemudian pindahkan pandangan anda kepada bagian sebelah kanan, lalu bergeraklah ke belakang peserta dan sebelah kiri. Dengan demikian anda akan merasakan apa yang mereka rasakan melalui kontak mata yang anda lakukan.

Harapan saya setelah membaca artikel ini yang berjudul, Trik Ampuh Atasi Rasa Takut Saat Presentasi, dapat membuat anda lebih percaya diri.

Baca Juga Materi Presentasi Lainnya di: Kumpulan Materi Presentasi

0 comments:

Post a Comment