Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Saturday, 29 August 2015

Tips Membuka Sebuah Presentasi dengan Baik dan Benar

Trik pembukaan sebuah presentasi adalah sebuah kunci terpenting yang harus selalu disiapkan dengan baik oleh pembicara (presenter). Karena orang akan cenderung mengingat hal-hal yang paling awal tampil terlihat atau terdengar oleh mereka. Mengapa demikian, karena hal tersebut dapat menjadikan sebuah kesan pertama yang baik di mata pendengar dan memberi nilai positif terhadap anda, bahwa anda terlihat meyakinkan bagi mereka.
Presentation Tips Membuka Sebuah Presentasi dengan Baik dan Benar
Presentasi dengan Baik
Pembukaan yang baik akan sangat menentukan keberhasilan sebuah presentasi yang anda bawakan. Jika hal tersebut sudah dapat kuasai, maka anda akan mendapatkan sebuah motivasi dan dapat memancing rasa inigin tahu dalam diri para pendengar anda. Bisakah anda membayangkan jika diawal pembukaan presentasi anda sudah gagal untuk memotivasi para pendengar. Hal yang mungkin terjadi bisa-bisa, para pendengar ada yang asyik bermain hanphone, mengobrol sendiri, bahkan sudah ada yang tidur di bangkunya.

Apabila semua hal itu terjadi, maka tugas anda untuk mempengaruhi mereka akan semakin sulit. Karena itulah anda harus mampu menciptakan suasana yang kondusif, agar mampu memberikan sebuah motivasi dengan pembukaan yang menarik.

Jika anda mampu mencapai pembukaan yang menarik, maka pendengar akan rela dan mau meninggalkan kesibukan mereka. Pendengar akan beralih perhatiannya untuk mendedngarkan presentasi yang akan anda suguhkan.

Pendengar akan menilai kredibilitas kita sebagai presenter dalam waktu beberapa menit pembukaan. Dalam waktu yang singkat tersebut, anda harus dapat meyakinkan para pendengar untuk terus mendengarkan hingga akhir presentasi anda.

➢ Pembukaan Yang Kuat
Pada saat anda membuka presentasi, ucapkanlah salam dengan nada bersahabat dan tataplah dengan ramah seluruh pendengar anda secara bergantian. Berikanlah senyuman anda yang paling tulus itu dan mempengaruhi pendengar agar tersenyum terhadap anda.

Aspek penting di sini adalah ketulusan. Percayalah, jika anda melakukannya dengan tulus dan bukan karena terpaksa. Apa yang anda sampaikan akan mempengaruhi orang lain.

Pada tahap ini, tidak semua pendengar akan merespons anda dengan baik. Maka dari itu, anda jangan mudah terpengaruh jika ada pendengar yang seolah meremehkan atau tidak peduli bahwa anda ada di depannya. Kuatkan tekad anda bahwa nantinya mereka akan terpukau menyaksikan presentasi yang anda sampaikan.

Harapan saya semoga artikel ini yang berjudul Tips Membuka Sebuah Presentasi dengan Baik dan Benar, dapat membantu anda dalam saat presentasi.

Baca Juga Materi Presentasi Lainnya di: Kumpulan Materi Presentasi

0 comments:

Post a Comment