Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Sunday, 30 August 2015

Suara Sebagai Kunci Sukses Saat Presentasi

Dalam setiap kegiatan presentasi, suara memang memegang peranan penting dalam sebuah keberhasilan presentasi yang anda suguhkan. Ada tiga komponen penting suara yang mempengaruhi keberhasilan kita menyampaikan sebuah presentasi yaitu kejelasan suara, variasi suara, dan penekanan suara

Kejelasan suara bisa membuat pendengar untuk lebih memahami apa yang anda sampaikan dengan baik. Volume suara dan pengucapan menjadi hal penting yang harus selalu kita jaga. Ritme dan tempo harus seimbang antara keduanya jangan sampai ada yang berlebihan. Variasi suara, memungkinkan untuk menciptakan ketertarikan bagi audiens untuk mendengarkan dengan saksama apa yang kita sampaikan.

Sementara untuk penekanan suara berguna untuk memberikan penekanan terhadap pesan yang terbilang penting. Dengan begitu, pendengar lebih mudah untuk mengetahui apa yang sedang kita sampaikan adalah bagian terpenting untuk didengar dan diingat. Jika ingin lebih memberi kesan sebaiknya kita memberikan kekuatan jeda terhadap presentasi kita, agar bisa menjadi penentu sampai dimana kita berhasil menekankan pesan yang kita presentasikan tadi terhadap audiens.
Suara Sebagai Kunci Sukses Saat Presentasi
Suara
Ada beberapa cara yang bisa lakukan terhadap mengoptimalkan suara untuk persiapan presentasi yang akan kita lakukan, diantaranya. 

1.Mengoptimalkan Volume Suara
Hal yang harus dilakukan adalah adalah latihan pernapasan. Berdrilah dengan posisi tegak, posisi berat badan harus seimbang, kemudian tarik napas dalam-dalam, semua organ perut dan tenggorokkan anda.  Kemudian lepaskanlah secara perlahan-lahan. Hal ini dilakukan agar membuka tenggorokan dan melemaskan seluruh tubuh anda agar tidak tegang. Terutama pada pita suara anda, hal yang anda lakukan tadi akan meningkatkan kekuatan suara anda. 

Selanjutnya, sialhkan lakukan latihan berbicara. Saat pertama kali lakukanlah dengan suara lembut, kemudian cobalah dengan suara keras. Keras disini bukan berarti anda berteriak, tetapi memberikan sedikit kekuatan pada suara anda. Lakukanlah secara bertahap dan rutin.

2. Optimalkan Pengucapan dan Kecepatan Bicara
Lakukanlah latihan artikulasi. Silahkan anda lakukan latihan untuk mengucapkan beberapa kata atau kalimat dengan nada yang berbeda. Kemudian rasakan perbedaannya. Lakukan ini dengan baik, sehingga kita mendapatkan variasi nada suara yang tepat untuk pesan yang anda sampaikan.

3. Mengoptimalkan Jeda
Jeda berguna untuk menghilangkan gumaman yang tidak berguna serta sebagai penekanan pesan penting yang ingin kita sampaikan.

Semoga artikel ini yang berjudul Suara Sebagai Kunci Sukses Saat Presentasi berguna bagi Anda sekalian.

Baca Juga Materi Presentasi Lainnya di: Kumpulan Materi Presentasi

0 comments:

Post a Comment