Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Tuesday, 14 July 2015

Mengejutkan, Pluto Ternyata Lebih Besar Dari Perkiraan Awal Ilmuan

Khoirudin Joyo

Pluto ternyata mempunyai ukuran yang lebih besar dari pada yang pernah kita duga sebelumnya. Pengukuran ini dilakukan oleh probe New Horizons, pesawat luar angkasa milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA).  Ukuran diameter planet pluto yang didapat pada hitungan terbaru mencapai  2,370km. Penentuan ini dibuat menggunakan gambar yang dikumpulkan oleh probe Long Range Reconnaissance Imager (Lorri).

Pengukuran baru ini memiliki sejumlah fakta baru. Pertama adalah bahwa hal itu membuat Pluto sedikit kurang padat dari yang kita duga, berarti fraksi es di bagian dalamnya mungkin lebih tinggi dari yang kita tahu. Kedua, pengukuran juga mengubah beberapa sifat yang diharapkan dari atmosfer, mengingat bahwa lingkup itu yang menyelubungi sekarang dianggap lebih besar. Dan juga menunjukkan troposfer, lapisan terendah, sedikit dangkal.
Mengejutkan, Pluto Ternyata Lebih Besar Dari Perkiraan Awal Surprise! Pluto is bigger than scientists thought
Pluto (cnet.com)
Tapi mungkin konsekuensi utama dari hasil ini adalah perdebatan tentang ukuran planet mana yang lebih besar. Apakah Pluto atau Eris? Penemuan yang terakhir pada tahun 2005, dengan ketebalan sebandingnya, yang ikut bertanggung jawab atas mendapatkan Pluto diturunkan statusnya dari planet penuh  terhadap sebuah planet kerdil pada tahun 2006. Hal ini dapat mengambil kembali sebagian dari kebenaran bahwa berita misi New Horizons milik NASA telah menemukan itu benda ruang yang lebih besar daripada banyak ilmuwan duga pada awalnya.

"Ukuran Pluto telah menjadi perdebatan sejak planet tersebut ditemukan pada tahun 1930. Kami sangat senang karena akhirnya kebimbangan mengenai pertanyaan ini dapat dijawab," kata ilmuwan misi Bill McKinnon dalam sebuah pernyataan. NASA mencatat hal ini telah lama menjadi kesulitan Ilmuan dalam mencari tahu ukuran yang akurat untuk Pluto karena "faktor rumit dari atmosfer. (bbc.com, cnet.com)

0 comments:

Post a Comment