Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Wednesday, 15 July 2015

Fakta Mengejutkan Mengenai Planet Bumi

Khoirudin Joyo

Sebuah penemuan yang diungkapkan ilmuwan mengenai anatomi dari planet Bumi. Ia mengatakan Bumi sebenarnya memiliki inti inner core yang lebih dalam dari pada yang diketahui sebelumnya. Bagian lebih dalam dari inti Bumi itu disebut dengan inner inner core. Informasi ini dipublikasi melalui jurnal Nature Geoscience.

Inti lebih dalam alias (inner inner core) tersebut ditemukan para peneliti dari Xiaodong Song dan University of Illinois di Amerika. Caranya mereka melihat pergerakan gelombang seismik melalui berbagai lapisan Bumi.

Fakta Mengejutkan Mengenai Planet Bumi
Fakta Mengejutkan Mengenai Planet Bumi
Lebih tepatnya, ilmuwan menganalisis sifat gelombang yang beresonansi setelah kejutan (shock) di awal gempa. melalui data yang berhasil dikumpulkan tersebut, mereka percaya bahwa inti planet ini tidak hanya terdiri dari satu bola padat seperti yang dikatakan sebelumnya.

Peneliti menambahkan setelah melakukan berbagai analisa, mereka menemukan bahwa inti lebih dalam itu berdiameter lebih kecil dari Bulan. Mereka juga menyatakan dimungkinkan antara inner core dan inner inner core memiliki perbedaan perilaku.

Namun untuk kasus ini ilmuwan menyatakan masih mempelajarinya. Dengan mengetahui karakteristiknya, peneliti berharap akan mampu mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana Bumi terbentuk dan berevolusi.

Seperti diketahui Bumi memiliki lapisan yang terdiri dari litosfer, kerak, maantel atas, mantel, astenosfer, inti luar (inti luar), inti dalam (inner core).

0 comments:

Post a Comment