Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Saturday, 6 June 2015

Dampak Kenaikan Harga BBM Bagi Masyarakat

Khoirudin Joyo

ABSTRAKSI
Pemerintah melakukan kebijakan baru dengan melakukan pengurangan anggaran BBM bersubsidi. Sebagian besar dana hasil pengurangan BBM akan digunakan untuk membiayai infrastruktur seperti jalan raya, irigasi, serta pelabuhan. Harga bensin jenis premium tidak lagi sama dengan harga solar subsidi. Harga solar subsidi lebih murah dari bensin premium. 

Pemerintah di periode ini telah beberapa kali menaikkan harga BBM subsidi. Di samping menaikkan harga BBM subsidi, pemerintah juga melakukan pemberian kompensasi kepada rakyat miskin paska kenaikan harga BBM subsidi tersebut. Adapun kompensasinya adalah beras miskin, beasiswa miskin, program keluarga harapan, dan bantuan langsung sementara masyarakat. Tetapi kenaikan harga Bahan Bakar Minyak bersubsidi tahun ini mengakibatkan dampak besar di berbagai bidang seperti ekonomi, politik, sosial dan pendidikan.  Dampak yang ditimbulkan akan semakin dirasakan oleh kalangan rakyat menengah ke bawah. 

Dampak Kenaikan Harga BBM Bagi Masyarakat
Dampak Kenaikan Harga BBM Bagi Masyarakat
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Bahan Bakar Minyak (BBM) sangat penting dan berpengaruh terhadap kestabilan perekonomian di masyarakat. Bahan Bakar Minyak (BBM) merupakan komoditas yang memegang peranan sangat vital dalam semua aktifitas ekonomi. Di Indonesia, masalah BBM menjadi masalah besar yang hingga kini menjadi topik utama. Kenaikan harga BBM yang baru-baru ini terjadi membawa banyak dampak, salah satu diantaranya adalah kemarahan rakyat karena kenaikan harga bahan makanan pokok. Dampak yang dialami masyarakat Indonesa tidak hanya dalam bidang ekonomi melainkan juga pada bidang yang lain, seperti bidang politik, bidang sosial, dan bidang pendidikan. 

Kenaikan harga BBM akan berdampak luas pada seluruh aktifitas perekonomian rakyat dan akan sangat dirasakan oleh lapisan masyarakat menengah ke bawah. Kenaikan harga BBM telah memicu kenaikan harga bahan makanan pokok, padahal sebelumnya bahan makanan pokok telah melonjak harganya karena krisis pangan dunia. Demikian pula dengan situasi industri nasional yang sangat tergantung pada pasokan bahan bakar BBM akan terpukul dan tergilas dengan badai krisis yang berakibat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara massal. Harga BBM adalah dasar penentuan harga komoditi lain. Jadi kalau BBM naik, maka harga komoditi lainnya pun akan ikut naik. Mengatasi masalah BBM dengan menaikkan harga karena harga minyak dunia yang terus membumbung tinggi selalu saja mendapat perlawanan dari masyarakat. Mereka yang kontra terhadap kenaikan BBM menganggap langkah pemerintah menaikkan harga BBM adalah penyebab terjadinya penambahan jumlah angka kemiskinan.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas kita dapat mengambil beberapa rumusan masalah, diantaranya :
- Apakah dampak kenaikan BBM terhadap perekonomian masyarakat Indonesia?
- Apakah dampak kenaikan BBM terhadap kondisi politik masyarakat Indonesia?
- Apakah dampak kenaikan BBM terhadap dunia pendidikan masyarakat Indonesia?
- Apakah dampak kenaikan BBM terhadap masyarakat Indonesia di bidang sosial?

 
BAB II
PEMBAHASAN

Kenaikan BBM bisa mempengaruhi perekonomian masyarakat Indonesia. Kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah ini di satu sisi dapat meningkatkan jumlah pemasukan Negara, sehingga jumlah subsidi yang dikeluarkan oleh pemerintah akan berkurang. Dengan hal berikut, dampak positifnya maka pembangunan nasional dapat cepat dilakukan. 
Di sisi lain, ada kondisi dampak negatif terhadap perekonomian yang dirasakan masyarakat. BBM merupakan salah satu bahan utama dalam menjalankan roda usaha perekonomian. Jika ada perubahan di salah satu bahan utama tersebut maka akan mengakibatkan perubahan dalam bidang perekonomian. Ketika BBM naik, otomatis barang-barang dan jasa bisa ikut naik. Dalam produksi barang-barang dan  layanan jasa dikemas melalui proses yang pasti ada sangkut pautnya dengan BBM. 

Dampak yang akan terjadi juga pada menurunnya daya beli masyarakat. Kenaikan harga BBM akan membersamai dengan kenaikan-kenaikan yang lain. Kenaikan tersebuat antara lain tarif listrik, transportasi dan berbagai produk.  Masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah akan mendapatkan imbas yang paling besar. Hidup semakin berat, jatah makan berkurang. Orang-orang bisa nekat melakukan segala hal. Kriminalitas pun bisa merajalela demi untuk mendapatkan sesuap nasi bagi keluarganya. 

Setelah membicarakan dampak di bidang ekonomi, faktor utama yang  dianggap merupakan penyebab kenaikan harga BBM yaitu di bidang politik. Harga BBM yang tidak stabil membuat masyarakat Indonesia krisis kepercayaan terhadap para pemimpinnya. Hal tersebut menjadi dampak negatif karena mengira langkah atau kebijakan yang dibuat pemerintah tidak berpihak kepada rakyat. Padahal kita ketahui bahwa semua kebijakan yang dibuat oleh pemerintah tidak akan sukses apabila kebijakan tersebut tidak mendapat dukungan penuh dari seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, perlu adanya komunikasi dan alasan yang jelas serta logis yang membuat masyarakat Indonesia percaya bahwa kebijakan yang dibuat pemerintah tersebut berpihak kepada kepentingan masyarakat Indonesia.

Dilihat dari sisi sosial, pengaruh dari kenaikan BBM akan memberikan dampak pemiskinan yang semakin tinggi. Hal ini dikarenakan semakin tingginya biaya hidup, terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Hal ini akan menjadikan mereka yang selama ini hidup pas-pasan menjadi miskin karena tidak mampu mengikuti kenaikan biaya hidup. Pada skala besar akan menjadi fenomena pemiskinan secara sistematis dan berkelanjutan. Lambannya peran pemerintah mengatasi aspek sosial ini akan menyulitkan pengambilan keputusan terkait kebijakan yang akan dibuat sehingga nantinya akan menjadi tidak optimal secara keseluruhannya. Ditinjau secara menyeluruh bahwa kehidupan masyarakat di kota dan daerah berbeda sehingga peran pemerintah pusat dan pemerintah daerah diharapkan dapat bersinergi dengan kondisi sosial yang nampak saat ini.

Setelah ekonomi, politik, dan sosial lalu bagaimana nasib pendidikan di Indonesia ? Fakta menunjukkan bahwa kebanyakan masyarakat yang berpenghasilan rendah tidak terlalu memikirkan masalah pendidikan dan cenderung mengabaikannya. Karena mereka lebih mementingkan bagaimana cara mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan pangan daripada kebutuhan pendidikan. Hal tersebut yang seharusnya menjadi pokok pembicaraan d negeri ini. Walaupun harga BBM belum mengalami kenaikan ,tetapi angka putus sekolah sudah tinggi. Lalu sekarang setelah harga BBM naik, para orang tua yang berpenghasilan rendah semakin tercekik dan mungkin melemahkan semangat mereka untuk memperhatikan keberlanjutan pendidikan putra-putri mereka yang suatu hari nanti adalah para penerus bangsa ini.

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Kenaikan harga BBM selalu diikuti oleh kenaikan harga-harga kebutuhan yang lain, karena BBM merupakan salah satu faktor penting dalam kehidupan manusia saat ini. Sehingga dampak yang ditimbulkan akan sangat dirasakan oleh masyakat Indonesia terutama masyarakat menengah kebawah.

 
B. Saran 
Pemerintah diharapkan lebih waspada dan tegas dalam bertindak apabila dalam penyediaan dana untuk BBM ada tindakan penyelewengan yang membuat dana masuk ke kas para pejabat yang tidak bertanggung jawab. Perlunya bantuan-bantuan yang diberikan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat kurang mampu agar mereka tetap bisa mendapatkan pendidikan dan memperba

0 comments:

Post a Comment