Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Sunday, 28 June 2015

7 Fakta Kondisi Tubuh Saat Berpuasa

Khoirudin Joyo

Menjaga kondisi tubuh saat sedang berpuasa merupakan hal yang wajib kita lakukan agar tubuh kita bisa dalam kondisi yang selalu prima. Kondisi tubuh kita sangat dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang kita konsumsi saat sahur dan berbuka. Ketika berpuasa tubuh kita mempunyai rahasia-rahasia yang sebagian belum kita ketahui. Berikut merupakan fakta-fakta kondisi tubuh saat sendang berpuasa.
7 Fakta Kondisi Tubuh Saat Berpuasa
7 Fakta Kondisi Tubuh Saat Berpuasa
1. Stres Berkurang
Depresi dan stres dapat berkurang saat sedang berpuasa.  Selama tidak makan dalam kurun waktu sehari, seseorang  belajar untuk mengendalikan hidup dan mereka akan beradaptasi dala mengatasi masalah hisup yang sulit sehingga akan terbebas dari depresi dan stres.

2. Makan Buah Membuat Lebih Tahan Lapar
Sebaiknya kita mengkonsumsi lebih banyak asupan dari buah-buahan dalam menu sahur. Buah-buahan mengandung serat yang tinggi segingga akan lebih bertahan lama diusus. Buah yang manfaat bila buah dikonsumsi berikut kulitnya, terutama buah apel, pir dan anggur, sedang untuk buah jeruk makanlah serta buahnya yang berwarna putih.

3. Hati Berkesempatan Istirahat 
Hati di dalam tubuh berfungsi untuk membantu fungsi ginjal dengan cara memecah beberapa senyawa yang bersifat racun dan menghasilkan amonia, urea, dan asam urat dengan memanfaatkan nitrogen dari asam amino. Dengan berpuasa, di mana makanan tidak ada yang masuk selama kurang lebih 13 jam akan memberi kesempatan pada hati dan organ pencernaan lain untuk lebih bisa beristirahat.

4. Hilang Fokus Akibat Tidak Sahur
Makan dan minum saat sahur memegang peranan penting dalam menentukan kondisi tubuh saat berpuasa. Menurut  spesialis gizi, dr Tirta Prawita Sari, MSc, SpGK, tubuh manusia sangat mampu bertoleransi terhadap kondisi tertentu. Tubuh lebih sulit bertahan tanpa air dibandingkan tanpa makanan. Lapar dan haus di siang hari, mengakibatkan seseorang mudah kehilangan fokus. Sehingga sebaiknya jangan lupa kita untuk bersahur.

5. Tubuh Sulit Mencerna Makanan Jika Tidur Setelah Sahur
Banyak orang yang memilih kembali tidur selelah menyelesaikan makan sahur. Ketika lambung dalam keadaan penuh maka aliran darah yang berisi oksigen dan sari makanan akan menuju ke sekitar lambung. Saat aliran darah terpusat di lambung, otomatis aliran darah ke otak, sel di tangan, kaki, dan bagian tubuh lain pun menurun. Akibatnya, aliran darah tidak terdistribusi dengan baik. Bukannya tubuh kekurangan oksigen, tetapi karena tidak ada yang mengantarkan oksigen dan sari makanan ke organ yang lain.
 
6. Membuat Umur Lebih Panjang
Joel Fuhrman MD, seorang ahli kesehatan mengatakan ada ratusan penelitian yang menunjukkan bahwa saat hewan diberi makan lebih sedikit kalori, mereka memiliki kecenderungan hidup lebih lama. penelitian pada hewan mulai dari cacing tanah hingga monyet telah menunjukkan bahwa puasa dan diet dengan sedikit kalori merupakan cara yang dapat diandalkan untuk memperpanjang umur. "Jika ingin hidup lebih lama maka makanlah yang sehat dan puasalah secara berkala," saran Fuhrman.

7.  Sahur dengan Porsi Besar Membuat Mual dan Muntah
Mungkin sebagian orang memilih untuk makan dengan porsi besar pada saat sahur. Tujuannya adalah agar lebih awet kenyang. Akan tetapi sebenarnya bukan awet kenyang, makan dengan porsi besar pada saat sahur dapat memicu munculnya rasa mual dan muntah. Jika ditambah langsung tidur seusai sahur maka  makanan akan lebih mudah kembali ke atas sehingga menyebabkan mual. (ref/detik.com)

0 comments:

Post a Comment