Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Sunday, 12 April 2015

Manfaat Dari Mengkonsumsi Cokelat

Khoirudin Joyo

Cokelat yang memiliki nama dalam bahasa latin Theobroma cacao, sudah mulai dikonsumsi sejak berjuta tahun lalu dan telah mulai dibudidayakan sejak tiga abad lalu di Amerika Selatan. Kebanyakan cokelat yang dikonsumsi di zaman ini berupa cokelat manis, yang merupakan kombinasi dari cokelat dan gula. Namun , cokelat pada awalnya digunakan sebagai minuman dan sebagai bahan makanan. Dalam penelitian selanjutnya, cokelat diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sally Scroggs dari University of Texas and Cancer Preventation Center di Houston mengatakan: "Cokelat tidak hanya dipakai sebagai simbol kasih sayang, rasa senang dan hasrat, tapi cokelat kini dikategorikan sebagai atribut kesehatan karena produk cokelat mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh."

Chocolate Manfaat Dari Mengkonsumsi Cokelat
Manfaat Dari Mengkonsumsi Cokelat (img: infoblogger.web.id)
Beberapa orang beranggapan jika mereka sedang mengalami hari yang buruk, maka makanan yang mereka konsumsi adalah cokelat. Setelah mereka makan cokelat, mereka akan merasa lebih lega dan tenang. Hal itu disebabkan karena coeklat mengandung zat theobromine, yang menstimulasi sistem saraf dan jantung sehingga mampu meredakan rasa sedih dan stres. Orang yang mengonsumsi cokelat secara rutin memiliki tingkat stres lebih rendah daripada orang yang tidak.

Cokelat memiliki kandungan yang bermacam-macam seperti vitamin A, B1, C, D dan E. Masing-masing memiliki manfaat yang mencegah kerusakan pada mata, membantu penyerapan zat besi, bermanfaat untuk mempertahankan fungsi syaraf, mencegah kerusakan pada gigi dan gusi, dan juga membantu kelancaran sirkulasi darah.

Menurut sebuah riset cokelat yang memiliki kandungan kokoa lebih dari 70% telah terbukti berhasil mencegah penyakit stroke dan tekanan darah tinggi. Kokoa mengandung antioksidan cathecins dan phenols. Antioksidan tersebut yang mencegah tubuh dari kanker dan penyakit jantung.

Selain itu kokoa pada cokelat juga terbukti mampu untuk mencegah tubuh dari diabetes, hipertensi, nyeri sendi, dan meredakan sindrom PMS pada wanita. Hal yang perlu diketahui dalam mengonsumsi cokelat adalah, semakin sedikit lemak yang terkandung dalam kokoa padat, semakin banyak antioksidan yang terkandung di dalamnya. (nationalgeograpic.co.id)

0 comments:

Post a Comment