Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Tuesday, 7 April 2015

E-Cigarette Kian Diminati Remaja

Khoirudin Joyo

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Inggris barat laut menyatakan bahwa banyak remaja yang mencoba mengisap rokok elektrik atau e-cigarettes, bahkan yang sebelumnya tidak pernah merokok.
BMC Public Health  telah menerbitkan daftar pertanyaan yang diisi oleh 16.193 remaja berumur 14 sampai 17 tahun, dari hasil survei ini menunjukkan satu dari lima orang mencoba atau membeli rokok elektrik.

Para peneliti mengatakan jika e-cigarettes adalah "minuman beralkohol nikotin dunia" dan diperlukan pengawasan yang lebih ketat. Rokok ini menirukan pengaruh rokok sebenarnya namun menghasilkan uap yang tidak seburuk asap rokok, tetapi uapnya juga masih mengandung nikotin, bahan yang dapat menyebabkan kecanduan. Beberapa ahli mengatakan penting  untuk mengetahui jumlah orang yang menjadi ketagihan.
E-Cigarette Kian Diminati Remaja
E-Cigarette Kian Diminati Remaja (img: higherperspective.com)
Hal ini menimbulkan perbedaan pendapat di kalangan masyarakat. Sebagian memandangnya sebagai alat penting untuk membantu orang berhenti merokok, sementara yang lainnya memandang e-cigarettes membuat merokok "terlihat normal" dan kemungkinan akan dipakai sebagai pelarian oleh para perokok. Salah satu hal yang dipermasalahkan adalah pengaruhnya pada anak-anak.

Hasil penelitian yang dilakukan Liverpool John Moores University memperlihatkan 19% yang menjawab telah mencobanya. Rokok elektrik digunakan 5% remaja yang belum pernah merokok, 50% mantan perokok dan 67% perokok ringan. (bbc.co.uk/indonesia)

0 comments:

Post a Comment