Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Sunday, 5 April 2015

Apakah Seorang Gamer Lebih Cepat Untuk Belajar?

Khoirudin Joyo

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa bermain video game membuat Anda lebih baik dalam belajar. Penelitian menyatakan bahwa game meningkatkan kemampuan untuk belajar beberapa objek dengan lebih akurat, dan menempatkan gamer dalam kategori ahli pemecahan masalah. Namun peneliti juga mengakui bahwa mereka belum cukup yakin apakah game membuat orang belajar keterampilan dengan lebih baik. Penelitian ini dilakukan oleh para ilmuwan di Brown University di Rhode Island. 

Untuk melakukan penelitian ini, para peneliti mengadu sembilan orang yang sering bermain game dengan sembilan orang yang jarang bermain game. Mereka melakukan uji coba tersebut dalam dua hari untuk belajar visual. Mereka diuji untuk menunjukkan tekstur di layar baik itu merupakan visual atau garis horizontal dan harus bisa menunjukkan setiap bidang di mana tekstur itu muncul dalam sepersekian detik. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa orang dapat dilatih untuk meningkatkan kinerja mereka. Para peneliti ingin mengetahui apakah gamer bisa mengatasi masalah ini lebih cepat, dibandingkan dengan non-gamer. 

Apakah Seorang Gamer Lebih Cepat Untuk Belajar?
Gamer (img: train2game)
Apakah Seorang Gamer Lebih Cepat Untuk Belajar?
Gamer Lover (img: gamersagainstbigotry)

Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa gamer berhasil menyelesaikan tes tersebut lebih baik daripada non-gamer. Data menunjukkan bahwa gamer rata-rata meningkat kecepatan dan akurasi sekitar 15 persen pada tes yang kedua dan sekitar 11 persen untuk tes pertama. Seseorang yang bukan gamer menghasilkan rata-rata 15 persen peningkatan untuk tes yang kedua. Namun untuk tes yang pertama rata-rata mereka hanya menghasilkan 5 persen peningkatan.

Mekanisme saraf cukup  mendasari dalam pembelajaran visual atau persepsi yang belum diketahui, Dr Sasaki mengatakan,” Namun penelitian ini menunjukkan bahwa gamer mungkin memiliki proses yang lebih efisien untuk bawaan pembelajaran tugas visual mereka daripada non-gamer”. “Kemungkinan para gamer telah mendapatkan latihan visual pada saat mereka bermain game selama bertahun-tahun, hal ini bisa membantu memberikan kontribusi untuk mengasah konsolidasi di otak, terutama untuk keterampilan yang dikembangkan secara visual," tulis para peneliti. Hal ini menunjukkan jika selama ini gamer telah belajar dari sesuatu yang orang biasa tidak mendapatkannya, yaitu dari video game itu sendiri.

"Banyak orang yang masih menganggap jika bermain video game sebagai kegiatan yang tidak berguna meskipun penelitian mulai menunjukkan aspek manfaatnya," kata Berard. Jika kita dapat menunjukkan bahwa video game sebenarnya dapat meningkatkan beberapa fungsi kognitif mungkin kita sebagai masyarakat dapat merangkul teknologi baru dan media dengan aplikasi yang positif. (dailymail.com)

0 comments:

Post a Comment