Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Wednesday, 11 March 2015

Mobil Ini Bisa Jalan Sendiri Tanpa Pengemudi

Khoirudin Joyo

Sekarang ini berkendara adalah suatu hal pokok bagi banyak orang. Menempuh tempat-tempat yang tidak dekat harus dilakukan dengan menggunakan kendaraan. Mobil merupakan kendaraan yang sering digunakan orang untuk pergi bersama keluarganya. Mobil biasanya harus ada seorang pengemudi untuk menjalankan mobil tersebut, tetapi dengan kecanggihan teknologi yang sudah sangat menggila, sekarang ada mobil yang dapat dioperasikan tanpa pengemudi. Hal yang benar-benar mengejutkan banyak orang. Mungkin masa depan benar-benar akan dipenuhi dengan kendaraan serba otomatis.

Perusahaan yang memproduksi mobil tanpa pengemudi tersebut ialah Mercedes Benz.  Jagoan mobil tersebut bernama Mercedes Benz F 015 yang memiliki konsep self-driving pada acara Consumer Electronics Show tanggal 5 Januari lalu di Las Vegas.
F 015 ini bisa beroperasi tanpa supir dan juga bisa dikemudikan secara manual. Ketikamobil ini dalam full mode tanpa supir, maka empat kursi dalam mobil bisa diputar sehingga berhadapan agar pengendara dan penumpang dapat berkomunikasi antar muka. Kemudian ketika dioperasikan secara kemudi manual, kursi pengemudi pun kembali menghadap ke depan.


The Luxury of Mercedes Benz F 015
The Luxury of Mercedes Benz F 015 via mercedes-benz.com
The Luxury of Mercedes Benz F 015
The Luxury of Mercedes Benz F 015 via mercedes-benz.com
The Luxury of Mercedes Benz F 015
The Luxury of Mercedes Benz F 015 via mercedes-benz.com
Mobil ini memutari kota San Fransisco dan sukses mencuri perhatian para warga di kota tersebut.Tentu saja hal ini mengundang banyak komentar dan perbincangan bagi publik. Komentar yang ditimbulkan atas mobil ini pun bermacam-macam, dari yang berdecak kagum hingga menyebut mobil ini menyeramkan.

"Sejujurnya, mobil ini tetap menarik dengan ataupun tanpa ada orang dibalik kemudinya," ujar Carlos Bandana, salah seorang imgurian yang turut mengomentari keunikan mobil tersebut. Salah satu pengguna, bernama Aaron Hoff, tweeted foto, "beberapa penduduk setempat melihat kagum pada mobil itu melaju di sepanjang jalan. Dia menulis: "Ini tanpa driver, Mercedes berkeliling SF meniup pikiran semua orang."

Kendaraan, yang belum tersedia secara komersial ini, memiliki desain futuristik yang berpusat di sekitar 'sensualitas dan kejelasan'. Memiliki bagian depan yang rendah tersampir, kaca depan datar dan atap halus.

Hal ini juga menawarkan sebuah 'ruang' daerah mengesankan dengan lantai kayu walnut, layar sentuh dan jok kulit putih yang bisa berputar. Hal ini memungkinkan 'driver' untuk berbalik untuk chatting lebih bebas dengan penumpang. Untuk 'berkomunikasi sekitarnya baik visual serta akustik, mobilnya fitur display LED besar sama depannya serta belakang. Ini juga memiliki sistem proyeksi laser dan fitur akustik yang kompleks.

Ketika kendaraan diri mengemudi, dapat proyek lampu jalan menggunakan lampu LED untuk membiarkan pejalan kaki tahu kapan untuk menyeberang. Mobil juga dapat beralih ke mode manual.  Jika F015 akhirnya masuk ke dalam produksi, spesifikasi tertentu yang bisa berubah. Ini adalah bagian dari visi untuk perkotaan otonom mengemudi, yang akan mencakup 'Mercedes zona aman' untuk mobil self-driving. (dailymail.co.uk, jalantikus.com)

Berikut video dengan Judul "Mercedes-Benz TV: World premiere of the Mercedes-Benz F 015 Luxury in Motion research vehicle. "

2 comments:

  1. wow keren gan
    d indonesia blm ada ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren banget gan
      belum ada gan, itu aja belum di jual di pasaran kok

      Delete