Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Sunday, 22 March 2015

Google Luncurkan YouTube Kids Khusus Anak

Khoirudin Joyo

Google telah meluncurkan layanan yang disebut YouTube Kids (YouTube untuk Anak), versi baru tersebut mempunyai tujuan utama yaitu untuk memberikan layanan video khusus yang ditujukan pada anak-anak. Layanan ini tersedia sebagai aplikasi gratis di iOS dan Android, dan pada saat ini, hanya dapat diakses di AS.

YouTube Kids adalah produk Google pertama yang dibangun dan dibuat dengan orientasi ditujukan kepada anak-anak kecil. Aplikasi ini membuatnya lebih aman dan lebih mudah bagi anak-anak untuk menemukan video tentang topik yang mereka ingin mengeksplorasi.

YouTube Kids membatasi dunia konten pada layanan untuk curated, video ramah keluarga, saluran, dan klip pendidikan, dan termasuk judul seperti Thomas the Tank Engine, Reading Rainbow, dan National Geographic Kids. Untuk kumparan di target pasarnya, antarmuka mempunyai fitur gambar besar, dan ikon berwarna-warni pada homepage utama. Ada empat bagian yaitu Shows, Musik, Belajar dan Jelajah untuk mengeksplorasi dalam aplikasi, dan juga termasuk fitur seperti pengaturan waktu dan fungsi pencarian.

YouTube kids app launches in the US Google Luncurkan YouTube Kids Khusus Anak
YouTube Kids (img: exec-sys.co.uk)
Pengguna mempunyai akses ke database utama YouTube video, tetapi hasil YouTube Kids secara otomatis disaring untuk konten yang aman. Layanan juga memberikan dewasa berbagai kontrol orangtua, termasuk kemampuan untuk menonaktifkan pencarian sepenuhnya, membatasi waktu layar dan topi volume. Google telah menonaktifkan komentar pada layanan, tetapi tidak menunjukkan beberapa iklan kid-friendly.
Untuk Google, memasuki pasar anak-anak adalah langkah yang telah lama datang. Pada bulan Desember, perusahaan mengumumkan niatnya untuk menciptakan produk untuk anak-anak berusia 12 tahun ke bawah, dan sekarang, tampaknya, perusahaan enepati janji tersebut.

Baru-baru ini, data baru telah menunjukkan seberapa cepat anak-anak bergerak dari menonton TV untuk mengkonsumsi video internet: Menurut laporan terbaru dari pakar penelitian Neilsen, "menonton televisi di rumah telah menurun dalam tiga tahun terakhir di 2 sampai 11-tahun- kelompok usia tua, turun dari 110.3 jam per bulan di 2.011-102,9 jam pada 2014. Sebaliknya, pada kelompok usia yang sama, menonton video yang internet telah meningkat 87 persen menjadi 6,3 jam per bulan pada tahun 2014."

Pemain lain telah lebih dulu memberikan layanan khusus kepana anak, terutama Amazon, yang telah bertahun-tahun termasuk konten ramah anak sebagai bagian dari penawaran layanan langganan. Tapi Google memiliki keuntungan, karena menjadi tujuan paling populer untuk konten video sejauh ini.

Beberapa analis memperkirakan penilaiannya, bahkan independen Google, menjadi sebanyak $40 milyar, dan itu sudah dijamin menjadi basis yang baik di kalangan remaja. Jika YouTube bisa mendapatkan kepercayaan dari orang tua dan kelompok baru pada usia lebih awal, maka akan ada pasar baru dari seluruh pengguna yang benar-benar akan tumbuh dengan layanan yang diberikan dari YouTube. (wired.com)

Introducing the YouTube Kids app  (Video)

0 comments:

Post a Comment