Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Thursday, 12 March 2015

Dampak Buruk Bermain Smartphone Sebelum Tidur

Khoirudin Joyo

Smartphone menjadi barang yang sangat diputuhkan di zaman ini oleh banyak kalangan. Mulai dari kalangan ibu rumah tangga, pelajar, bisnis dan sampai artis-artis terkenal. Penggunaan smartphone yang berlebihan tentu daja bukan merupakan tindakan yang benar. Terkadang kita menggunakan smartphone lebih dari batas wajar. Lupa akan waktu istirahat yang terus digunakan untuk bermain smartphone. Sebagai contoh, banyak orang yang bermain atau menggunakan smartphone mereka ketika sebelum tidur. Parahnya hal itu sudah menjadi ritual setiap malam. Padahal hal tersebut adalah alasan kenapa tidur kamu menjadi tidak berkualitas.
Dampak Buruk Bermain Smartphone Sebelum Tidur
Bermain Smartphone (img: majalah-holiday.com)
Berikut merupakan dampak buruk bermain smartphone sebelum tidur:

1. Merusak Mata
Indra penglihatan yang telah bekerja seharian penuh dan butuh istirahat di malam hari. Sayangnya pada waktu istirahatnya dipaksa untuk membaca teks berukuran kecil ditambah dengan cahaya dari layar yang terfokus langsung ke mata, tentu akan mempengaruhi kesehatan mata dalam waktu dekat. Lebih baik mengurangi bermain HP saat akan tidur.

2.  Muka Kusam Dan Timbul Jerawat
Sangat jelas bahwa bermain smartphone sebelum tidur akan menyita waktu tidur anda. Beraktivitas pada malam hari itu tidak baik juga untuk kesehatan muka karena akan sering timbul jerawat. 

3. Daya Ingat Melemah
Jika kamu merasa semakin susah mengingat belakangan ini, Bisa jadi itu karena kebiasaan kamu bermain dengan smartphone pada waktu istirahat sebelum tidur. Berdasarkan Studi di Paris, Perancis pada tahun 2009 menunjukan bahwa waktu istirahat yang cukup dapat menstimulasi otak dalam memperkuat ingatan seseorang. Semakin berkurang waktu istirahat kamu maka semakin berkurang juga daya ingat kamu.

4. Merusak Otak
Kerja otak adalah selama 24 jam penuh. Meskipun seseorang tertidur, otak tetap bekerja, meskipun intensitasnya tidak sebesar ketika seseorang sadar. Oleh karena itu, jika seseorang terus menggunakan smartphone pada jam istirahat, tentu itu tidak baik untuk kesehatan otak.

5. Penyakit Jantung
Umumnya jantung banyak menyerang orang usia 40 tahun keatas tapi jangan kira penyakit jantung tidak akan menyerang orang muda yang masih sehat dikarenakan penyakit jantung ini datangnnya secara tiba-tiba. Walau masih usia muda, jika sering bermain smartphone ternyata juga beresiko besar terserang penyakit jantung. Hal ini juga disebabkan kurangnya istirahat yang menyebabkan tekanan darah tidak stabil.

6. Penyakit Stroke
Hampir sama dengan penyakit jantung. Stroke juga bisa terjadi bilamana kurangnnya istirahat yang cukup.

Dalam pemahaman ini kita bisa lebih mengetahui dan sadar bahwa kebiasaan sering bermain smartphone sebelum tidur akan meyebabkan kurangnnya waktu istirahat sehingga banyak timbul gangguan penyakit. Untuk itu hindarilah kebiasaan buruk tersebut, mengingat betapa pentinganya kesehatan tubuh kita.
(ref/ androidpluss.com, jalantikus.com)

2 comments:

  1. Itu sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang modern. Sebelum tidur masih membuka internet, dari yang sekedar melihat status media sosial sampai pada urusan bisnis.

    ReplyDelete