Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Monday, 23 March 2015

Batu Zircon Biru, Kristal Indah Berusia 4,4 Miliar Tahun

Khoirudin Joyo

Sebuah batu kristal kecil berusia sekitar 4,4 miliar tahun telah dikonfirmasi sebagai fragmen tertua dari kerak bumi. Batu permata jenis kristal zircon berwana biru tersebut ditemukan pada batu pasir di wilayah Jack Hills of Western Australia. Para ilmuwan memperkirakan umur kristal tersebut dengan mempelajari uranium dan atom timah.


Temuan ini telah dilaporkan dalam jurnal Nature Geoscience. Implikasinya adalah bahwa bumi telah membentuk kerak padat lebih cepat setelah pembentukannya 4,6 miliar tahun yang lalu dari yang diperkirakan sebelumnya, dan sangat cepat mengikuti tabrakan besar dengan tubuh seukuran Mars yang diperkirakan telah menghasilkan bulan hanya beberapa puluh jutaan tahun setelah itu. Sebelum waktu ini, Bumi akan menjadi bola mendidih magma cair.

Tetapi pengetahuan bahwa permukaannya mengeras begitu awal menimbulkan prospek menggiurkan bahwa dunia kita menjadi siap menjadi tuan rumah kehidupan yang sangat awal dalam sejarah. "Ini menegaskan pandangan kami tentang bagaimana bumi didinginkan dan menjadi layak unutk dihuni," kata pemimpin penulis Prof John Valley, dari University of Wisconsin-Madison, AS.
Zircon Crystal is 'oldest scrap of Earth crust'
Batu Kristal Zircon Biru (img: sci-news.com)


"Kami tidak memiliki bukti bahwa kehidupan ada saat itu. Kita tidak punya bukti bahwa itu tidak. Tetapi tidak ada alasan mengapa hidup tidak bisa ada di Bumi 4,3 miliar tahun yang lalu," katanya kepada kantor berita Reuters.
Zircon yang ditemukan di Jack Hills adalah potongan-potongan yang kecil dan dari batu tua. Nyaris ak terlihat dengan mata telanjang. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan zirkon Jack Hills dalam publikasi Prof Valley yang angat kuno, tetapi para ilmuwan memiliki kekhawatiran bahwa beberapa atom mungkin telah hilang atau bahkan bermigrasi di dalam kristal dari waktu ke waktu.

Hal ini akan memberikan kesan zirkon yang lebih tua daripada yang sebenarnya. Namun, dengan menggunakan dua teknik analisis sensitif, Prof Valley dan rekan mampu menunjukkan bahwa zirkon tersebut menunjukkan usia yang sebenarnya.

Dengan demikian, penelitian mereka menunjukkan lapisan permukaan bumi baru terbentuk setelah itu atau sekitar 100 juta tahun kemudian. Usia kristal itu juga menunjukkan bahwa lapisan permukaan bumi, di mana terdapat kristal itu di dalamnya, baru muncul sekitar 160 juta tahun setelah terbentuknya tata surya. (bbc.com)

0 comments:

Post a Comment