Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Sunday, 22 March 2015

7 Jenis Batu Akik yang Banyak Digemari Saat Ini

Khoirudin Joyo

Kegeramaran masyarakat untuk memakai dan mengoleksi batu akik sepertinya masih akan berlanjut. Beruntung Indonesia mempunyai alam yang melimpah mengandung berbagai jenis batuan akik yang indah.  Batu akik ini tersebar di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Negara tercinta kita ini akan menjadi surga bagi pecinta batu akik dari segala ujung. Tidak hanya kolektor dalam negeri yang banyak memburu berbagai batu akik, namun para kolektor batu mulia dari mancanegara juga datang ke Indonesia untuk memburu batu cantik ini.

Dari berbagai jenis batu akik yang ada,  beberapa jenis menjadi favorit  oleh para pecinta batu akik. Batu akik tidak hanya untuk dipakai tetapi saat ini untuk bara kolektor dapat menjadi ladang bisnis yang menjanjikan karena harga batu akik bisa sangat mahal tergantung dari jumlah peminat dan kualitas batu akik itu sendiri. Penting untuk para pebisnis batu akik dalam  mengetahui jenis batu akik apakah yang banyak digemari sat ini, di bawah ini mungkin bisa menjadi referensi  tentang beberapa jenis batu akik yang banyak digemari oleh ora

1. Batu Akik Bacan Hijau
Jenis Batu akik bacan hijau berasal dari Halmahera Selatan, Maluku Utara tepatnya di daerah Pulau Kasiruta. batu akik jenis ini sangat diminati dan bahkan sampai kolektor mancanegara pun juga ikut berburu batu ini. Salah satu kelebihan yang beda dengan jenis batu akik yang lain yaitu bahwa batu ini bisa bermetamorfosa secara alami semakin lama semakin indah. Dari jenis batu bacan ini yang paling populer adalah jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea.
Batu Akik Bacan Hijau
Batu Akik Bacan Hijau (img: uniknih.com)
  
2. Jenis Batu Akik Zamrud
Jenis Batu Akik zamrud memiliki warna khas hijau. Jenis batu ini sudah dikenal sejak ribuan tahun digunakan sebagai batu perhiasan. Batu dengan kekerasan 7.5 skala mohs ini sangat dihargai dan dimuliakan pada zaman kerajaan karena dianggap sebagai lambang kemakmuran juga kedamaian. Harganya yang mahal pantas dimiliki batu akik zamrud.
Jenis Batu Akik Zamrud
Jenis Batu Akik Zamrud (img: bluesafirceylon)
  
3. Jenis Batu Akik Topaz
Jenis Batu Akik Topaz juga menjadi primadona di kalangan pecinta batu mulia. Batu akik topaz memiliki pilihan warna jingga, kuning dan juga kemerahan. Jenis batu ini bisa ditemukan di negara Brazil, Srilanka, Meksiko juga di negara Rusia. Bagi yang percaya akan khasiat dari batu akik, batu jenis ini bisa mengurangi depresi bagi penggunanya.
Jenis Batu Akik Topaz
Jenis Batu Akik Topaz (img: zulkif-li.blogspot.com)

 4. Jenis Batu Akik Safir
Jenis Batu Akik Safir merupakan jenis batu akik yang tergolong mahal dan mempunyai pasarnya tersendiri. Memang pantas untuk harganya yang mahal, karena batu ini begitu elok dan indah sekali. Selain dari jenis warna yang begitu dikagumi, batu akik jenis ini juga dianggap memiliki khasiat bisa menenangkan jiwa atau pikiran yang sedang kalut. Sehingga semakin meningkatkan harga dari batu akik jenis safir itu sendiri.
Jenis Batu Akik Safir
Jenis Batu Akik Safir (img: batuakik.us)

 5.  Jenis Batu Akik Sungai Dareh
Jenis Batu Akik Sungai Dareh merupakan batu akik yang berasal dari Sumatera Barat. Jenis batu ini sangat populer saat ini. Banyak penggila dan kolektor batu akik sangat menyukai batu ini. Bahkan para pemimpin negara pun disinyalir juga memakai batu akik ini. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Barrack Obama pun diperkirakan juga memakai batu akik jenis ini. Hal ini menjadikan batu akik sungai dereh semakin sangat mahal dan berkelas.
Jenis Batu Akik Sungai Dareh
Jenis Batu Akik Sungai Dareh (img: pencintabatu.com)
  
6. Batu Akik Kalimaya
Jenis Batu Akik Kalimaya mempunyai tekstur lembek, namun tetap banyak yang mencari nya. Dengan ciri spesifik memancarkan warna semacam berlian menjadikan batu ini termasuk buruan nomor satu bagi para kolektor. Jenis batu akik yang sering disebut dengan opal ini, di luar Indonesia, bisa ditemukan di negara India, Meksiko, Australia dan juga Mesir, untuk di Indonesia sendiri banyak ditemukan di Banten.
Batu Akik Kalimaya
Batu Akik Kalimaya (img: batusakti.com)

7. Batu Akik Kalsedon
Jenis Batu Akik Kalsedon mempunyai ciri seakan-akan diselimuti kabut transparan, semakin menambah kecantikan dari batu akik jenis ini. Jenis batu ini bisa ditemukan di daerah Jawa Barat dan daerah Sulawesi Tenggara. Selain di daerah di atas, baru – baru ini jenis batu akik kalsedon juga ditemukan di daerah Pacitan Jawa Timur. (reference: maxmanroe.com)
Batu Akik Kalsedon
Batu Akik Kalsedon (img: tokoakik.com)

0 comments:

Post a Comment