Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Friday, 23 January 2015

Menonton TV di Rumah Dapat Mengurangi Penyebaran Flu

Khoirudin Joyo

Tinggal di rumah dan menonton TV selama wabah flu sebenarnya dapat mengurangi penyebaran penyakit ini, menurut sebuah studi baru dari "flu babi" epidemi 2009.

Para peneliti menganalisis kebiasaan televisi-melihat orang di Meksiko selama musim semi 2009, ketika wabah flu H1N1 tahun itu dimulai.

Pada saat itu, para pejabat di Mexico City menerapkan langkah-langkah untuk mengurangi kontak manusia dengan satu sama lain (strategi kesehatan masyarakat yang disebut "jarak sosial"). Mereka menutup sekolah-sekolah umum dan membatalkan acara-acara publik besar. Para peneliti memperkirakan penduduk akan menghindari kontak sosial ketika sedang menonton TV. Mereka umumnya di rumah, dan dengan demikian mereka memiliki kontak terbatas dengan orang lain.

Pada minggu pertama, masyarakat menonton televisi di Mexico City meningkat menjadi 20 persen di atas rata-rata. Peningkatan ini terbesar bagi anak-anak dan orang-orang dengan pendapatan yang lebih tinggi, dibandingkan dengan kelompok lain.

"Wabah flu babi yang melanda Mexico City pada bulan April 2009 bisa saja lebih buruk, tapi penyebaran virus berkurang respon perilaku masyarakat menjauhkan diri dari satu sama lain," Michael Springborn, seorang ekonom di University of California, Davis, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Menonton TV di Rumah Dapat Mengurangi Penyebaran Flu
Menonton Televisi (img:guruberakhlak.com)
Namun, para peneliti juga menemukan bahwa mungkin ada batas untuk berapa lama orang bersedia untuk tinggal terkurung di rumah, bahkan selama wabah flu.

"Hal ini menunjukkan bahwa upaya untuk memanfaatkan jarak sosial untuk mengurangi penyebaran penyakit dapat memiliki keterbatasan," kata Springborn. Setelah itu, permintaan terpendam untuk kegiatan di luar rumah mungkin lebih diutamakan.

Namun, ada kemungkinan bahwa orang mematikan TV mereka tapi masih di rumah selama periode ini, melakukan kegiatan lainnya, kata para peneliti. (ref: livescience)

1 comments:

  1. Dengan nonton tv di rumah maka tidak tertular oleh flu yang bisa disebarkan oleh banyak orang, apa lagi pada saat musim penghujan seperti saat ini.

    ReplyDelete