Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Saturday, 17 January 2015

Hal Ini Yang Dilakukan saat Lupa Menaruh Kunci

Khoirudin Joyo

Manusia kadang mempunyai kelemahan dalam hal mengingat sesuatu. Tak semua yang dilihat akan teringat jelas. Pernahkan Anda kehilangan kunci? Mungkin kita hanya lupa menaruhnya di tempat lain. Para ilmuwan mengatakan dengan menutup mata maka hal ini  dapat membantu mengingat hal-hal dengan lebih jelas.



Psikolog dari University of Surrey menguji teori ini pada relawan berjenis kelamin pria dan wanita dengan jumlah hampir 200 orang. Mereka diminta melihat film pendek kemudian menjawab serangkaian pertanyaan  tentang apa yang mereka lihat.

Sebagian relawan menjawab serangkaian pertanyaan yang diajukan dengan mata tertutup, sementara yang lain dengan mata terbuka. Hasilnya mereka yang menjawab dengan mata terbuka hanya dapat menjawab 48 persen pertanyaan dengan benar. Sedangkan relawan dengan mata tertutup mampu menjawab 71 persen pertanyaan dengan benar.

Hal Ini Yang Dilakukan saat Lupa Menaruh Kunci memejamkan mata
Menutup Mata (img: mief-hiddenkey.blogspot.com)
Dikatakan bahwa teknik ini meningkatkan memori dengan memungkinkan orang untuk membangun citra mental yang rinci dari hal yang mereka mencoba untuk mengingat. Temuan bahwa trik juga membuat lebih mudah untuk mengingat informasi pendengaran menunjukkan ini bukan satu-satunya penjelasan.

Peneliti Robert Nash mengatakan ada kemungkinan bahwa orang-orang yang menutup mata mereka juga mendapat manfaat dari menghalangi gangguan.

Penelitian yang dipublikasikan dalam journal Legal and Criminological Psychology ini juga menunjukkan menunjukkan bagaimana polisi dapat mengumpulkan lebih banyak saat mewawancarai saksi mata. Dia mengatakan bahwa pasukan polisi telah lama menyadari manfaat meminta saksi mata untuk menutup mata mereka selama wawancara.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Hukum dan Psikologi Criminological, menunjukkan bahwa polisi akan mengumpulkan lebih banyak informasi jika mereka membangun hubungan dengan orang yang diwawancarai.

Dr Nash percaya bahwa penutupan sederhana mata juga akan bermanfaat dalam situasi sehari-hari, seperti mengingat nomor pin dan mengingat daftar belanja.

Dan sementara eksperimennya melibatkan menanyai orang tak lama setelah mereka telah menonton film, penelitian lain menunjukkan bahwa menutup mata dapat meningkatkan daya ingat peristiwa yang tanggal kembali beberapa tahun. (dailymail.co.uk)

0 comments:

Post a Comment