Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Wednesday, 21 January 2015

7 Makanan Penyebab Timbulnya Jerawat

Khoirudin Joyo

Setiap orang menginginkan wajahnya tampak cerah dan bersih. Rasanya kesal jika wajah dipenuhi oleh yang namanya jerawat. Salah satu penyebab munculnya jerawat diwajah ialah karena kita tidak terlalu telaten dan teliti memilah-milah makanan. Ada beberapa makanan yang bila dikonsumsi secara berlebihan akan memicu munculnya jerawat di wajah. Berikut 7 makanan yang dapat menimbulkan jerawat:



1. Gorengan
Gorengan
Gorengan (img: detiksehat)
Minyak pada gorengan akan membuat timbulnya penyumbatan pada kulit pori-pori, dan gorengan juga membuat sel-sel kulit terlihat nampak terlihat tua. Inilah contoh gorengan yang dapat membuat muka berjerawat salah satunya kentang goreng, tahu goreng, ayam goreng, dan makanan lain yang siap saji. Sebagai penggantinya, anda harus memilih buah alpukat sebagai lemak sehat untuk tubuh.


2. Gula dan Cokelat Olahan
Cokelat
Coklat (img: terobosanhidupsehat)

Gula merupakan salah satu kandungan yang terkandung hampir di seluruh buah-buahan yang ada. Sedangkan cokelat adalah salah satu makanan yang dipercaya sebagai makanan yang mempunyai khasiat dan manfaat yang banyak serta dapat meningkatkan mood dan menghilangkan stress.

Gula yang ada dalam buah-buahan dan cokelat mentah hanya berupa serat karbohidrat yang tidak begitu berpengaruh dan menimbulkan jerawat jika dikonsumsi. Tetapi jika yang kita konsumsi adalah gula dan cokelat olahan. Gula pasir merupakan bentuk gula sederhana yang memicu jerawat dan banyak dipakai dalam permen maupun berbagai jenis kue. Termasuk cokela didalamnya.
 
3. Susu
Susu
Susu (img: okezone.com)
 Susu sapi memang mengandung banyak kalsium tetapi berdampak tumbuhnya jerawat karena hormon yang dihasilkan oleh susu sapi biasanya meningkatkan kadar minyak dalam tubuh. Sebagai alternatif yang tepat cari cemilan kacang almond atau santan kelapa, karena kandungan makanan tersebut dapat menggantikan susu.

4. Alkohol
Alkohol
Alkohol (img: privatbankar.hu)

Alkohol selain tidak diperbolehkan karena sering disalahgunakan, ternyata alkohol juga berdampak buruk bagi tubuh. Alkohol disinyalir dapat mempengaruhi pertubuhan hormon di tubuh kita sehingga menyebabkan munculnya jerawat. Selain itu, efek yang ditimbukan kafein dan alkohol yang menimbulkan efek samping gangguan tidur dan tekanan stress berlebihan juga dapat memicu munculnya jerawat di wajah kita.


5. Kafein
Kafein
Kafein (img: inioke.com)
 Kafein dapat mempengaruhi kadar hormon yang dihasilkan tubuh sehingga mempengaruhi produktifitas kelenjar minyak di wajah. Beberapa sumber kafein yang umum ditemukan ialah pada Kopi, teh, minuman ringan, cokelat, serta Rokok.

6. Garam
 Garam
Garam (img: fuh.my)
Mengkonsumsi garam secara berlebih akan membuat tubuh menahan banyak air, akibatnya terjadi peradangan kulit. Hal ini akan memicu warna kulit tidak merata dan menyebabkan bercak-bercak pada kulit. Solusi yang tepat adalah untuk tidak mengkonsumsi garam secara berlebihan.

7. Karbohidrat Olahan
Karbohidrat Olahan Pasta
Pasta (img: webmd.com)

Karbohidrat olahan mengandung gula yang dapat meningkatkan tingkat insulin pada tubuh, sehingga dapat meningkatkan hormon testosteron sehingga dapat membuat pori-pori tersumbat dan hal ini akan memicu timbulnya jerawat. Contoh makanan karbohidrat olahan adalah roti putih, kue tar, dan pasta.
(ref: ohjerawat.com, gudangkesehatan.com)

0 comments:

Post a Comment