Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Tuesday, 30 December 2014

Komputer Bisa Menyatakan Cinta Kepada Penggunanya

Mungkin akan kedengaran janggal saat mengetahui komputer bisa menyatakan cinta kepada penggunanya. Bagaimana bisa komputer menyatakan cinta kepada kita? Memang komputer bisa berbicara? Mari kita pahami maksud dari hal tersebut. Kita biasanya mengenal komputer yang dapat mengeluarkan suara saat kita sedang memutar musik, video dan juga game.Padahal sebenarnya komputer bisa melakukan lebih dari hal biasa yang kita sebagai orang awam pahami.

Perangkat komputer biasanya sudah dipasang semacam text reader yang kemudian dapat dikeluarkan menjadi suara. Jadi komputer akan membaca tulisan dan mengatakannya. Kita asumsikan komputer sebagai sebuah robot yang akan mengerjakan instruksi kita. Cara kerjanya yaitu, apapun yang kita ketikan di komputer, maka komputer akan mendeteksi kata tersebut dan mengeluarkanya ke dalam suara. Tapi akan terdengar lebih jelas saat kita menginputkan kosa kata bahasa Inggris yang merupakan standar bahasa dalam antarmuka Windows.

Komputer (img: selgros24.pl)


Agar komputer bisa berbicara atau pun menyatakan cinta kepada kita maka ikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Klik kanan pada tampilan dekstop
Text Document
2. Pilih New => Text Document.
3. Buka Document tersebut.
4. Copy paste kode berikut CreateObject("SAPI.SpVoice").Speak"I love you" ke dalam Documen.
5. Ganti tulisan warna biru dengan  kalimat yang diinginkan.
6. Pilih Menu File kemudian Save As, ganti format dokumen yang awalnya .txt menjadi  .vbs 
.txt
.vbs

7. Tutup Document
8. Buka Document yang kita buat tadi (sudah dengan format .vbs). File akan menjadi seperti gambar di bawah.
VBScript
Setelah file yang awalnya berupa .txt berubah menjadi .vbs maka file akan menjadi seperti gambar di atas. Bentuk file tersebut adalah VBScript. File tersebut akan berjalan saat kita membukanya. Dengan sendirinya komputer menjalankan perintah yang ada di dalam file tersebut. Tulisan yang kita masukkan tadi berwarna biru akan terdengar dari sound laptop atau komputer. Jika kita menuliskan kata I Love You, maka komputer akan mengatakan I Love You kepada kita. Hal inilah yang kita pahami bahwa ternyata komputer bisa menyatakan cinta kepada penggunya. Sebenarnya tidak hanya kalimat tersebut. Kita bisa membuat eksplorasi kalimat-kalimat lain yang ingin kita dengarkan dari laptop/komputer kita. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

referensi: galihleo.com, cronosal.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment