Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Saturday, 27 December 2014

Khasiat Jeruk Nipis yang Harus Diketahui

Khoirudin Joyo

Jeruk nipis tidak hanya sebagai bahan minuman tetapi juga memiliki banyak manfaat, terutama manfaat jeruk nipis untuk kesehatan. Air dari buah jeruk nipis bisa digunakan untuk penyedap masakan, minuman, penyegar dan lain-lain. Secara alami, jeruk nipisberguna untuk menghilangkan batuk, dahak, serta membantu proses pencernaan. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak di bandingkan dengan varian buah jeruk lainnya.Mungkin banyak orang belum paham betul khasiat-khasiat yang dimiliki buah ini. Berikut merupakan beberapa Khasiat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan yang perlu diketahui:

Khasiat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan
Jeruk Nipis (img: acehterkini.com)
1. Mengobati Batuk
Hal ini akan terlintas pertama kali saat kita berusaha mengobati batuk yang kita rasakan. Jeruk Nipis memang jadi alternatif terbaik mengobati sakit batuk selain minum obat batuk. Satu jeruk nipis dicuci, diperas, dicampur dengan 1 sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata lalu disaring. Diminum 2-3 kali sehari. Atau perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula batu lalu diaduk hingga rata, diminum 1 kali sehari sampai sembuh.

2. Menghentikan Kebiasaan Merokok
Mengisap sekerat jeruk nipis. Hal ini akan mendorong keinginan minum segelas air, sehingga akan membantu menolong pembasuhan nikotin yang terkumpul dalam tubuh. Jeruk nipis juga akan menolong memenuhi kekurangan asam lambaung dalam pencernaan makanan.

3. Menghilangkan bau Ketiak
Siapa yang ingin ketiaknya bau tidak enak? Hampir pasti tidak ada. Bau ketiak tidak enak benar-benar sangat menganggu. Apalagi jika saat berkeringat berlebih, hal yang tidak akan disenangi. Untuk mengurangi bau ketiak pakailang obar luar yang terdiri dari: kapur sirih 1/2 sendok makan campur dengan air jeruk nipis sehingga menjadi cairan seperti cat. Cara pemakaian: setelah mandi, gosok ketiak dengan ramuan tadi. Tunggu sampai kering, baru kemudian memakai baju. Hal ini mungkin akan mengurangi bau ketiak dan bisa juga menghilangkan sama sekali bau yang tidak enak.

4. Mempercantik Kulit
Dengan merawat kulit dengan baik, kulit akan memancarakan kecantikannya. Jeruk nipis dapat membantu dalam memutihkan dan menghaluskan kulit secara alamiah. Caranya: Menggosokkan jeruk nipis ke daerah kulit yang berpori-pori besar dan bagian kulit yang kasar dan kusam. Lakukan hal ini secara rutin untuk mencapai hasil yang maksimal.

5. Menghilangkan ketombe
Jeruk nipis juga dapat membantu dalam menghilangkan ketombe pada rambut. Caranya: potong sebuah jeruk nipis menjadi 2-4 bagian. Gunakan untuk menggosokkan kulit kepala secara merata. Biarkan mengering beberapa lama, kemudian dibilas.

6. Menghilangkan Jerawat pada Wajah
Bagi yang sering wajahnya jerawtan, mungkin hal ini bisa menjadi alternatif.
Caranya: potong jeruk nipis secukupnya, lalu peras air ke dalam cawan. Ambil kapas bersih, kemudian celupkan pada perasan jeruk nipis. Oleskan kapas kearea wajah ataupun tubuh yang ada jerawatnya. Diamkan saja olesan tersebut menempel hingga beberapa menit “20 menitan”. Sambil menunggu itu, siapkan air dingin. Setelah dirasa sudah 20 menit basuh muka anda dengan air dingin tadi sampai bersih. Keringkan dengan handuk dengan cara menepul-nepuknya. Usahakan kerjakan cara ini secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.
Referensi: Tips-tips sehat, Ahmad Jordan (Aneka Buah dan Khasiatnya)

4 comments:

  1. Khasiat jeruk nipis lainnya adalah untuk menurunkan kadar asam urat, lemak darah berlebih, kadar gula yg tinggi, mengecilkan perut, mengurangi maag dll... Caranya dg meminumnya dg air hangat di pagi hari dlm keadaan perut kosong. Boleh di tmbh sdkt madu atau gula utk mmbuat rasanya lebih enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas tambahannya, semoga semakin bisa membantu banyak orang :)

      Delete
  2. perlu dicoba ini......biar asap rokok pada hilang heheheheh
    http://themaming.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyoba aja gan, siapa tahu berhasil dan untung-untung bisa gak ngrokok lagi

      Delete