Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Thursday, 4 December 2014

Enam Cara Agar Bangun Lebih Pagi

Khoirudin Joyo

Terlambat pergi di pagi hari merupakan suatu yang tidak diinginkan bagi setiap orang. Pergi ke sekolah atau pergi kerja atau pun yang lainnya sebaiknya bisa tepat waktu. Terlambat dengan alesan macet atau bangun kesiangan sebaiknya semakin dihilangkan. Hal yang menyebabkan terlambat biasanya karena kita bangun kesiangan. Malas beranjak dari tempat tidur yang empuk dan ingin berlama-lama di tempat tidur itu membuat sulit untuk bangun. Suatu permasalahan pasti ada solusinya, begitu juga dengan masalah bangun kesiangan. Beberapa tips cara agar bangun lebih pagi :

Enam Cara Agar Bangun Lebih Pagi
Bangun Tidur (img: wisegeek.com)

1. Minum Air Sebelum Tidur
Dengan cara ini, tubuh kita akan perlu untuk menggunakan kamar mandi di pagi hari. Perlu menggunakan kamar mandi akan membuat kita ingin bangun dan mencegah jatuh kembali tidur. Namun, perlu diingat bahwa jumlah kelebihanminum air sebelum pergi tidur dapat menyebabkan kita terbangun di tengah malam. Sebaiknya kita bereksperimen untuk menemukan waktu yang optimal dan banyaknya air yang  diminum sebelum tidur.

2. Tidur Lebih Awal



Saat kita tidur larut malam dan mencoba untuk bangun pagi hari. Hal ini akan terasa sangat berat. Akibatnya kita merasa lelah dan mengantuk di pagi hari. Ketika kita mengantuk dan merasa lelah, kita tidak akan seproduktif saat kita dalam kondisi fit. Untuk itu, cobalah untuk pergi tidur lebih awal dan melihat bagaimana perbedaannya di keesokan harinya.

3.  Tempatkan Alarm Sedikit lebih Jauh dari Tempat Tidur
Dengan menempatkan jam alarm di tempat agak jauh, maka kita akan dipaksa bangun dari tempat tidur agar bisa mematikan alarm tersebut. Bangun tidur sering menjadi bagian tersulit tentang bangun di pagi hari. Dengan bangun tidur lebih cepat, kita meningkatkan kemungkinan memulai hari daripada pergi kembali tidur. Jika alarm kita dekat dengan jangkauan kita, banyak kemungkinan kita lebih mudah untuk menekan tombol snooze dan tidur lebih lama. Setelah keluar dari tempat tidur, kita akan terus bergerak dan memulai hari yang baru.

4. Berolahraga Ringan
Beberapa olahraga ringan di pagi hari akan memberikan lebih banyak energi. Latihan beban atau lari-lari kecil. Kita bahkan bisa melakukan latihan mudah pendek seperti beberapa lompatan, sit-up, atau push up di rumah.

5. Makan Ketika Bangun
Makanan kecil dan mudah dicerna di pagi hari akan memberikan dorongan energi. Setidaknya sepotong buah, segelas susu, atau yoghurt. Makan Makanan lengkap bisa benar-benar lebih membantu.

6. Melakukan Hal-Hal Yang Menyenangkan
Setiap orang punya kegemaran masing-masing. Kegiatan yang menyenangkan akan memberi rangsangan untuk menjaga tetap bangun. Jika di malam hari, kita sudah menjadwalkan suatu kegiatan, hal ini akan mengingatkan kita untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan dan membuat kita lebih bersemangat untuk keluar dari tempat tidur di pagi hari. Ini bisa menjadi percakapan telepon dengan seorang teman, membaca, bermain video game, atau sesuatu yang lain yang membuat kita bahagia.
Enam Cara Agar Bangun Lebih Pagi
(img: codemink.com)

Adaptasi dari The Huffington Post

2 comments: