Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Thursday, 6 November 2014

Pemanfaatan Geogebra dalam Memudahkan Pelajaran Matematika

Khoirudin Joyo





Geogebra singkatan dari Geometry dan Algebra. Program aplikasi ini diciptakan oleh Markus Hohenwarter.  Alamat resmi gerogebra adalah geogebra.org. Geogebra merupakan produk non-profit dan berlisensi publik. Artinya geogebra bukan merupakan aplikasi yang ditujukan untuk penjualan atau pembelian dalam rangka mencari keuntungan. Dengan ini kita bisa mendapatkan aplikasi Geogebra secara gratis dan kita boleh menyebar luaskan kepada setiap orang.
Geogebra merupakan program aplikasi ICT yang ditujukan untuk membantu pembelajaran Matematika dalam bidang Geometri, Satistika, Kalkulus, dan Aljabar. Kita dapat meghubungkan titik, garis, segmen, vektor dengan bentuk yang lebih dinamis.


A.    Fungsi Geogebra

Geogebra
Karena Geogebra memiliki cakupan bidang Geometri, Satistika, Kalkulus, dan Aljabar, maka fungsi dari Geogebra juga dapat dikelompokkan menjadi 4 bagian. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari geogebra ini, diantaranya yaitu memudahkan kita dalam menggambar grafik, membantu perhitungan dalam geometri seperti mencari titik potong garis dan menentukan panjang garis, dalam bidang kalkulus kita juga bisa menggunakan geogebra ini untuk mencari turunan suatu fungsi, menghitung luas dibawah kurva, dan lain-lain. Namun di sini akan lebih banyak di bahas tentang fungsi Geogebra dalam pembelajaran Aljabar pada materi Fungsi Polynomial.
Dalam pembelajaran fungsi selalu berkaitan dengan grafik. Oleh karena di samping mempelajari fungsi itu sendiri, tentu selalu di ikuti degan cara-cara melukis grafik fungsi tersebut. Biasanya guru meminta para peserta didik untuk melukis grafik fungsi seacara manual. Yaitu dengan cara mencari titik koordinat yang dibutuhkan untuk membantu melukis garfik fungsi tersebut.
Karena pada dasarnya matematika merupakan salah satu cabang ilmu pegetahuan yang abstrak. Sehingga memiliki tingkat kesulitan tertentu dalam mempelajarinya. Dengan adanya geogebra, para pendidik dapat menjelaskan bagaimana melukis grafik fungsi secara lebih jelas. Para pendidik dapat mengilustrasikan materi yang akan dipelajari dengan menampilkan grafik yang telah jadi dengan tingkat ketelitian yang tinggi, sehingga lebih akurat. Maka para peserta didik dapat memahami dengan cepat.


2 comments: