Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Sunday, 9 November 2014

7 Hal Unik Yang Terjadi di Indonesia


Sering kali orang tidak menyadari apa yang sebenarnya di lakukannya setiap hari. Aktivitas yang dilakukan sebatas kegiatan rutinitas setiap hari. Mungkin jika kita bisa mengambil esensi setiap kejadian, kita bisa mendapatkan hal-hal yang menarik untuk kita telaah.

Dari pemikiran di atas, kita akan melihat Indonesia dari berbagai sisinya yang sangat menarik. Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan budaya yang amat kental di setiap masyarakatnya. Banyak hal-hal yang terjadi di negara ini sesuai pola perilaku atau pun pemikiran masyarakat Indonesia itu sendiri.
Berikut 7 Hal Unik Yang Terjadi di Indonesia:

1.  Makan Nasi

Makan Nasi http://www.gudangnews.info/
Makan Nasi (pict): detik.com
Di Indonesia, rata-rata makanan pokoknya adalah Nasi yang berasal dari padi. Saat kita sudah makan roti, cemilan, keju, dan lain-lain, tetapi kita masih merasa belum makan, karena kebiasaan orang Indonesia bahwa makan itu harus pakai nasi.

2. Buah Petai: "Bau Menyengat tapi Sedap"

Petai http://www.gudangnews.info/
Petai (pict): reps-id.com





Selama ini kita mengenal buah petai adalah buah yang sangat bau. Sebagian orang pasti ada yang membencinya, tetapi sebagian masyarakat Indonesia sangat doyan yang namanya petai (pete).  Lalapan Petai sangat maknyus bagi para penggemarnya. Tidak memperdulikan baunya, tetapi kenikmatan dan manfaat yang terkandung dalam petai lebih diutamakan peminatnya.

3. Kerokan saat Masuk Angin

Kerokan Masuk Angin http://www.gudangnews.info/
Kerokan (pict): deimon.pun.bz

Bagi masyarakat Indonesia, pasti kita tahu yang namanya kerokan. Sesuai tradisi orang tua dahulu, saat kita masuk angin maka cara ampuh mengobatinya adalah dengan kerokan. Hal ini dipercaya dapat menyembuhkan kita dan pastinya dengan biaya yang gratis alias tidak perlu beli obat ke apotek. Menurut kepercayaan, dengan kerokan tubuh kita akan merasa lebih nyaman dan menyembuhkan masuk angin.


4. Pengendara Motor Selalu Menang

Pengendara Sepeda Motor http://www.gudangnews.info/
Pengendara Sepeda Motor (pict): detik.com
Apakah anda pernah berpikir "Haruskah Mobil Selalu Mengalah dengan Motor?"
Sering kali saat terjadi suatu kecelakaan lalu lintas antara sebuah mobil dan motor, entah motornya yang ugal-ugalan atau pun memang mobilnya yang salah, tetapi sering mobil yang akan menjadi kambing hitam di setiap laka lantas. Mungkin anggapannya bahwa mobil dengan bodi yang besar harus mengalah kepada motor yang bodinya lebih kecil. "Yang besar yang harus ngalah". Terkait dengan hal tersebut, selayaknya kita harus berhati-hati dalan berkendara. Tidak lupa juga kita harus berdoa sebelum melakukan perjalanan.


5. Musik Dangsut Asli Indonesia

Dangdut Asli Indonesia http://www.gudangnews.info/
Dangdut Asli Indonesia (pict): kapanlagi.com

Pasti sudah pernah mendengar lagu-lagu dengan judul Kucing Garong dan Alamat Palsu. Musik yang satu ini memang asli Indonesia. Musik dangdut memang bukan musik pop atau pun musik lainnya yang kelasnya Internasional. Orang-orang Indonesia sendiri banyak yang sangat fanatik dengan genre musik dangdut. Mereka sangat suka memutar lagu-lagu dangdut di kamar, mobil atau pun di tempat lainnya. Uniknya walaupun ada yang sangat fanatik dengan musik dangdut, ada juga yang sangat anti dengan genre ini dan tidak suka mendengarkan lagu-lagu dangdut. 


6. Makan Pakai Tangan Kosong

Makan Pakai Tangan http://www.gudangnews.info/
Makan Pakai Tangan (pict): thecrowdvoice.com


Makan Pakai Tangan itu lebih nyaman dan nikmat. Itulah budaya yang ada di Indonesia. Jika orang-orang barat merasa jijik saat makan hanya menggunakan tangan kosong, maka beda dengan orang Indonesia yang sudah terbiasa makan hanya pakai tangan, tidak pakai sendok atau garpu. Makan pakai tangan merupakan sunah Rasul. Dan kita ketahui bahwa Indonesia sebagian besar adalah muslim, maka makan pakai tangan adalah hal yang lumrah di Indonesia. Jika saudara punya kenalan orang luar negeri, ada baiknya juga kita kenalkan budaya makan pakai tangan kosong.


7. Selalu Protes terhadap Pemerintah




Orang Indonesia Selalu Protes kepada Pemerintah http://www.gudangnews.info/
Orang Indonesia Selalu Protes kepada Pemerintah(pict): oceeenn.blogspot.com

Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Setiap hal pasti ada kelemahannya. Begitu pun juga dengan pemerintah. Pemerintah bukanlah suatu yang bisa sempurna dalam setiap hal. Uniknya, Apapun yang dilakukan pemerintah selalu salah bagi sebagian dari masyarakat Indonesia. Mereka berpikiran bahwa semua kesalahan yang terjadi adalah tanggung jawab pemerintah. Sebagai warga negara yang baik, maka kita harus bisa berpikir kritis dan tetap mendukung kebijakan-kebijan pemerintah serta tetap berupaya berpartisipasi aktif menyalurkan solusi-solusi terbaiknya dalam membangun negeri, sehingga tidak hanya mengkritik tapi tidak ada solusi.

Dengan adanya fakta-fakta di atas, kita akan lebih mengenal dengan budaya dan kebiasaan masyarakat kita. Apapun yang ada, baik atau pun buruk, kita harus tetap cinta terhadap Indonesia. Kita terlahir di sini, hidup di sini, cari makan di sini, maka kita juga harus menghormati tanah air kita dan membawa maju negara tercinta ini menuju peradapan yang lebih baik dari sebelumnya.

penulis: Khoirudin

7 comments:

  1. Kebanyakan orang Indonesia bilang belum makan kalau belum makan nasi, pada hal sudah banyak ngemil atau makan makanan yang lain.

    ReplyDelete
  2. @10-merk-yang-melekat-di-hati-masyarakat Nasi seperti kewajiban yang ada di saat kata makan itu diucapkan :D

    ReplyDelete
  3. negeri ini memiliki banyak hal hal unik gan :v kunjungan baliknya ya :D

    ReplyDelete
  4. @Helmi Irfansyah Iya gan, harus tetap bangga menjadi Indonesia :)

    ReplyDelete
  5. Bicara tentang makanan memang tidak ada matinya..
    Jika ada pembaca blog ini yang butuh Dus Makanan dapat mengunjungi Greenpack untuk menjawab kebutuhan Anda.

    ReplyDelete