Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Saturday, 4 October 2014

Syarat Kesebangunan pada Segitiga

Victorious Karim

Syarat Kesebangunan pada Segitiga



Pada kedua pasangan segitiga tersebut, perbandingan sisi-sisi yang bersesuaiannya sama. Ukurlah besar sudut-sudut yang bersesuaiannya, apakah sama besar?






Pasangan-pasangan segitiga tersebut memiliki sudut-sudut yang bersesuaian sama besar. Coba kamu ukur panjang sisi-sisinya. Apakah sisi-sisi yang bersesuaiannya memiliki perbandingan yang sama?







Pasangan-pasangan segitiga tersebut memiliki 2 sisi bersesuaian yang sama panjang dan sudu tyangdiapitnya sama besar.Coba kamu ukur panjang sisi-sisi yang belum diketahui. Apakah sisi-sisi tersebut memiliki perbandingan yang sama dengan sisi-sisi yang lainnya? Kemudian, ukur pula sudut-sudut yang bersesuaiannya, apakah hasilnya sama besar?


Setelah mengerjakan kegiatan tersebut dengan benar, akan diperoleh kesimpulan bahwa untuk memeriksa kesebangunan pada segitiga,kita dapat melakukan tes pada kedua segitiga tersebut sesuai dengan unsur-unsur yang diketahui.




Unsur-Unsur dan Syarat-syarat yang Diketahui Pada Segitiga
SyaratKesebangunan
(i) Sisi-sisi-sisi (s.s.s)   : Perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian sama.
(ii) Sudut-sudut-sudut (sd.sd.sd) : Sudut-sudutyang bersesuaian sama besar.
(iii) Sisi-sudut-sisi (s.sd.s) : Dua sisiyang bersesuaian memiliki perbandingan yang sama dan sudut bersesuaian yang diapit sama besar.

Referensi: BSE SMP








0 comments:

Post a Comment