Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Saturday, 22 September 2012

Tugas TIK 'Pengertian dan Jelaskan'


Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi TIK
1. Jelaskan fungsi perangkat di bawah :
a.      HUB               : menggabungkan beberapa komputer menjadi satu buah kelompok jaringan.
b.      Bridge             : alat yang dapat menghubungkan sebuah LAN dengan LAN yang lain, apabila keduanya menggunakan teknologi yang sama, misalnya dengan teknologi ethernet. Menjembatani antara perangkat yang satu dengan perangkat yang lain.
c.       Router            : alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Meneruskan data.
d.      Repeater         : berfungsi untuk penguat sinyal dari kabel , misalnya pada sebuah jaringan LAN dengan topologi star yang menggunakan kabel UTP .
a.      Ethernet Card : membantu pertukaran file dan data melalui jaringan komputer. Penghubung dari perangkat komputer ke jaringan
2. Buatlah skema gambar peralatan yang digunakan untuk akses internet, mulai dari komputer PC hingga terhubung internet!


3. Apakah IP addres itu?
      IP addres : Alamat numerik yang ditetapkan untuk sebuah komputer yang berpartisipasi dalam jaringan komputer yang memanfaatkan Internet Protocol untuk komunikasi antara node-nya. Walaupun alamat IP disimpan sebagai angka biner, mereka biasanya ditampilkan agar memudahkan manusia menggunakan notasi, seperti 208.77.188.166 (untuk IPv4), dan 2001: db8: 0:1234:0:567:1:1 (untuk IPv6). Peran alamat IP adalah sebagai berikut: "Sebuah nama menunjukkan apa yang kita mencari. Sebuah alamat menunjukkan di mana ia berada. Sebuah route menunjukkan bagaimana menuju ke sana."
4. Jelaskan cara sharing file antar 2 komputer
a.      Menggunakan bluetooth
b.      Menggunakan kabel UTP
c.       Melalui Computer management
d.      Melalui Command Promt
e.      Melalui Remote Deskop

5. Sebutka topologi jaringan yang anda ketahui, jelaskan!


  STAR   Mesh Tree Linier














1.      Pengertian jaringan ad doc : jaringan dua buah atau lebih computer dengan menggunakan gelombang wifi dengan menjadikan salah satu computer sebagai access pointnya.

2.      Pengertian WPA (Wifi Protected Area) : system yang juga dapat diterapkan untuk mengamankan jaringan nirkabel. Metode pengamanan dengan WPA ini diciptakan untuk melengkapi dari system WEP (Wired Equivalent Privacy).

3.      Pengertian WEP (Wired Equivalent Privacy) : pengmanan jaringan nirkabel yang disebut juga dengan shared key authentication. Enkripsi WEP menggunakan kunci yang dimasukkan (oleh admin) ke client maupun access point.

4.      WPA 2 Personal : sertifikasi produk yang tersedia melalui Wi-Fi Alliance. WPA2 Sertifikasi hanya menyatakan bahwa peralatan nirkabel yang kompatibel dengan standar IEEE 802.11i. WPA2 sertifikasi produk yang secara resmi menggantikan wired equivalent privacy (WEP) dan fitur keamanan lain yang asli standar IEEE 802.11. WPA2 tujuan dari sertifikasi adalah untuk mendukung wajib tambahan fitur keamanan standar IEEE 802.11i yang tidak sudah termasuk untuk produk-produk yang mendukung WPA.

0 comments:

Post a Comment