BREAKING NEWS

HEALTH

FUN

Thursday, 24 May 2012

Makalah Karya Tulis Lingkungan Sehat




LINGKUNGAN SEHAT

BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
         Lingkungan di sekitar kita harus kita jaga dan kita pelihara agar menjadi lingkungan yang sehat. Jika kita tidak menjaga lingkungan , maka lingkungan akan menjadi kotor dan tercemar. Oleh karena itu kita harus mulai menjaga lingkungan di sekitar kita. Caranya dengan membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon di sekitar tempat tinggal kita, membersihkan selokan agar tidak tersumbat, merokok pada tempat yang disediakan agar udara menjadi lebih segar. Jika lingkungan sehat kita pun juga akan sehat dan terhindar dari penyakit.

B.     Definisi
v  Lingkungan adalah Kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut. Lingkungan terdiri dari komponen abiotik dan biotik. Komponen abiotik adalah segala yang tidak bernyawa seperti tanah, udara, air, iklim, kelembaban, cahaya, bunyi. Sedangkan komponen biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan, hewan, manusia dan mikro-organisme (virus dan bakteri).

v  Sehat adalah Merupakan sebuah keadaan yang tidak hanya terbebas dari penyakit tetapi juga meliputi seluruh aspek kehidupan manusia yang meliputi aspek fisik, emosi social dan spiritual. Perwujudan indifidu yang diperoleh melalui melalui kepuasan dalam berhubungan dengan orang lain. Perilaku yang sesuai dengan tujuan perawatan diri yang kompeten sedangkan penyesuaian diperlukan untuk mempertahankan stabilitas dan intregitas structural.





BAB II

RUMUSAN MASALAH

1.      Bagaimana cara menjaga ligkungan?
2.      Apa saja cirri–cirri lingkungan sehat?
3.      Apa yang terjadi bila lingkungan kotor tidak dibersihkan?

BAB III



Ø  Ciri-ciri Lingkungan Sehat

Udara yang segar yang tidak mengandung polusi, untuk menciptakan lingkungan yang sehat tidak sulit yaitu bias di mulai dari hal-hal kecil yang terkadang sering di lupakan oleh banyak orang. Missal membuang sampah sekecil apapun pada tempat yang di sediakan. Lingkungan sehat adalah lingkungan yang bersih dan terbebas dari kontaminasi kotoran dari lingkungan sekitar. Bila lingkungan kotor masih terus di biarkan, maka sejumlah penyakit akan menjadi ancaman bagi masyarakat. Seperti penyakit DBD, malaria, TBC, hingga penyakit cikumunya.


Ø  Cara menjaga lingkungan

1. Membuang sampah pada tempatnya
      Seharusnya kita tidak membuang sampah sembarangan. Contohnya di jalan, di                        sungai, di selokan, dsb. Jangan membuang limbah di sungai, jika kita membuang sampah di sungai hasilnya sungai menjadi kotor, bau, dan keruh.
2. Hindari menebang pohon di hutan
      Banyak sekali masyarakat menebang pohon di hutan, hasilnya hutan kita menjadi gundul. Apa bila hutan itu di tempati binatang-binatang, semakin banyak masyarakat menebang pohon semakin banyak juga tempat tinggal binatang-binatang yang rusak.
3. Pembersihan selokan
       Kita harus selalu membersihkan selokan agar tidak terjadi penumpukan sampah yang mengakibat banjir nantinya. Jika kita membersihkan selokan, berarti kita bisa menghindari sarang nyamuk, kotor dan bau. Agar lingkungan kita bersih, sehat, dan tetap indah.

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di gudangnews.info
Silahkan Tinggalkan Jejak Anda
Berkomentar Cerdas dan Bermanfaat
RESPECT

 
| Disclaimer | Privacy Policy | Site Maps | Contact | About Copyright © 2014 Gudang News Info
Powered byBlogger