Gudang Info yang berisi Berita, Cerita, Hiburan, dan Ilmu Pengetahuan

Sunday, 29 January 2012

Tentang Sistem Informasi TIK

 Tugas TIK tentang Sistem Informasi


  1. Apakah benar bahwa SI itu tidak harus selalu menggunakan komputer? Berikan alasan.
Menurut pendapat saya, Sesungguhnya yang dimaksud dengan sistem  informasi  tidak harus melibatkan komputer. Kita bisa mendapatkan informasi dari berbagai bidang, contohnya menggunakan majalah/koran, handphone dan lainnya. Sedangkan sistem informasi yang menggunakan komputer disebut sistem informasi berbasis komputer (Computer-Based Information System atau CBIS). Dan komputer merupakan salah satu alat untuk mengakses informasi.

  1. Jelaskan pengaruh dan penerapan SI dalam bidang: pendidikan, ekonomi, manufaktur, dan sosial.
a.       Pendidikan                        :  Semua orang dapat mencari ilmu dengan lebih mudah dari internet dan juga mempermudah dalam pembelajaran menggunakan berbagai sistem SI, contoh sistem E-learning.
b.      Ekonomi                : Mempermudah mendapat kerja dan pemasaran barang /jasa dari internet. Seperti toko online, iklan lowongan pekerjaan dari internet, dll.
c.       Manufaktur           : Dapat memudahkan terbukanya lowongan kerja.
d.      Sosial                     : Memudahkan  berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang yang jaraknya jauh, sehingga dapat mengetahui informasi kondisi di tempat lain.
3.      Penjelasan dari istilah :           
a.       Virtual Office        : VO diartikan bahwa pekerjan kantor dapat dilakukan di lokasi geografis manapun selama tempat kerja itu terhubung dengan lokasi tetap perusahaan melalui sejenis komunikasi elektronik / Web yang digunakan untuk kerja bisnis.
b.      b. Interchange       : Lokasi dimana dua hal atau lebih bertemu  dan mengalami pertukaran
c.       E-Commerce         : E-commerce /Electronic commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.
d.      Telemedicine         : Penggunaan teknologi komunikasi untuk mengakses data klinis pasien dan pemberian perawatan medis kepada mereka dan menggunakan media audiovisual.
                          e.       Interact                  : Interaksi di dunia maya(online). Proses yang menyebabkan dua hal atau lebih untuk saling berkomunikasi dalam mencapai tujuan tertentu atau menciptakan sesuatu
 Referensi : Saung Fasolado
Ckhoirudin Info-Gudang Ilmu

0 comments:

Post a Comment