BREAKING NEWS

PERISTIWA

FUN

HEALTH

TECHNO

TV ONLINE

NEWS

HEALTH

SAINS

Sunday, 29 March 2015

Anaslisis Drama dengan Judul Perpecahan 3 Sahabat

Berikut merupakan contoh dari sebuah drama dengan judul  Perpecahan 3 Sahabat beserta analisis unsur intrinsik drama dan unsur ektrinsik drama
Kisah ini terjadi disebuah sekolah yang sangat terkenal bernama SMAN 1 Tepo Sliro. Disana ada suatu persahabatan yang sangat erat yang bisa mereka sebut dengan 3BG. Di ruangan kelas yang terdapat berbagai kursi dan meja yang tertata rapi terjadi suatu keributan, yang disebabkan salah satu anggota 3BG.
     Drama dan Anaslisis dengan Judul Perpecahan 3 Sahabat
Drama

Aldi    : Kenapa ya...., persahabatan 3BG kok sangat erat ? aku  ingin persahabatan mereka jadi putus, tapi bagaimana caranya ? (diam sambil memikir sesuatu)
Aldi    : Ah…., aku curi saja dompetnya Andin, dan setelah itu aku aruh staja di tasnya Aulia, Andin dan Audy pasti akan menuduh Aulia. (Terlihat anggota 3BG masuk kedalam kelas tertawa-tawa).
Andin   : (sambil membuka tasnya dan terlihat sedang mencari sesuatu dan wajahnya sangat gelisah)
Audy    : Ada apa Din, kok kayaknya gelisah banget ?
Andin   : Aduh gimana nih, dompetku hilang.
Aulia    : Kok bisa hilang, mungkin ada di rumah kamu.
Andin   : Nggak mungkin, tadi aku inget kok dompetku sudah aku masukkan kedalam tasku.
(Tiba-tiba Aldi memotong pembicaraan mereka dengan lagak sok tahu)
Aldi       : Aku tahu siapa yang mencuri dompet kamu.
Andin   : Emangnya siapa Al ?
Aldi       : Dia adalah sahabatmu sendiri yang bernama Aulia.
Audy    : Nggak mungkinlah dia yang mencuri dompetku, kamu kok sok tahu banget sih.
Aldi       : Ya sudah kalau kamu nggak percaya, kamu geledah tasnya Aulia.
Andin   : Maafkan aku Lia, aku harus menggeledah tasmu untuk membuktikan omong kosongnya Aldi.
Aulia    : Ya sudahlah nggak apa ?” Andin dan Audy menggeledah tasnya Aulia dan beberapa lama kemudian dompet Andin ditemukan ditasnya Aulia.
Aldi   : Tuhkan bener kataku, Aulia si miskin itu yang mencurinya.
Andin   : Kamu kok tega sih Aulia, kalau kamu butuh uang kamu  tinggal bilang sama kami, bukan begini caranya, selama kami selalu membantu kamu, tapi kamu kok tega banget.
Aulia    : Tapi bukan aku yang mencurinya.
Aldi       : Terus kamu tuduh aku yang mencurinya, jelas dompet  Andin ada di tas kamu kan?
Audy    : Dasar, sudah dikasih hati malah minta jantung.
Andin   : Mulai saat ini kamu tidak akan jadi sahabat kami lagi.
Audy    : Dasar kau anak miskin. (sambil menampar pipi Aulia) Mereka kemudian duduk ditempat mereka masing-masing
Aulia    : Ya Allah, cobaan apa yang kau berikan pada persahabatan  kami, apa salah kami sehingga kau memberi cobaan ini. Ya Allah kembalikan persahabatan kami seperti dulu lagi.

Beberapa lama kemudian bel pulang berbunyi, Andin dan Audy pulang bersama tanpa Aulia. Diperjalanan pulang Andin menerima telpon dari Papanya yang berada diluar negeri.

Kring………kring…..kring….
Andin   : Hallo assalamu alaikum, ada apa Pa, kok tumben telpon aku.
Papa     : Waalaikum salam, Din Papa mau kasih kabar ke kamu,  sebelumnya maafkan Papa, perusahaan Papa disini  bangkrut.
Andin   : Apa Pa, bangkrut kok bisa begitu ?
Papa     : proyek yang Papa Buat mengelami rugi yang sangat besar,  Jadi Papa harus menjual perusahaan Papa untuk membayar ganti rugi.
Andin   : Jadi kita jatuh miskin Pa?
Papa     : Begitulah, besok Papa dan Mama akan pulang ke Indonesia, dan kita harus cari kontrakan rumah, karena  rumah kita akan di segel oleh bank.
Tiba-tiba Andin memutuskan telpon dengan rasa tidak percaya.
Andin   : Ini nggak mungkin. (sambil membanting HP nya)
Audy    : Ada apa Din?
Andin   : Perusahaan Papaku bangkrut dan sekarang aku jatuh  miskin.
Audy    : Sabar ya.. Din! ini pasti bisa kamu lewati kok.
Andin   : Audy kamu adalah sahabat aku yang paling setia  denganku, tolong jangan tinggalkan aku.
Audy    : Ya… nggak mungkinlah aku ninggalin kamu, tidak  seperti Aulia yang menghianati sahabatnya sendiri.
Andin   : Terima kasih Audy.

(Tiba-tiba ada motor yang melaju kencang hingga menambrak Audy, untungnya saja Aulia menolong Audy).

Aulia    : Awas Audy. (sambil berteriak dan mendorong Audy)
Audy    : Kamu nggak apakan Aulia.
Aulia    : Nggak aku nggak apa kok.
(Pengendara motor itu kemudian turun dari motornya)
Aldi       : Kamu nggak apa kan Aulia?
AuliaAndin, Audy : Aldi…..
Aldi       : Maafkan aku yaaa! aku nggak sengaja.
Audy    : Makanya kalau naik motor itu jangan kencang-kencang.
Aldi       : Ya.. maafkan aku!
Andin   : Ya.... sudahlah nggak apa.
Aldi       : Din aku mau ngomong sesuatu sama kamu, tentang  masalah tadi di kelas.
Andin   : Emangnya ada apa Al?
Aldi       : Sebenarnya yang mencuri dompet kamu itu bukan Aulia, melainkan aku.
Andin   : Apa Aldi?
Aldi       : Aku iri dengan persahabatan kalian yang sangat erat, makanya itu aku mencoba untuk merusak persahabatan kalian, sekali lagi maafkan aku.
Andin   : Jadi bukan Aulia yang mencurinya ?
Audy    : Jadi persahabatan kita bersatu lagi dong.
Andin   : Persahabatan kita akan selalu abadi sepanjang masa.
Aulia    : Sampai akhir hayat menjemput kita, persahabatan ini  Akan tetap bersatu... bersatu.
Andin   : 3BG.
Audy    : Three.
Aulia    : Beautiful.
Andin   : Girl.
(Sambil menujukkan tanda persahabatan mereka yang berupa cincin)
Aldi       : Oke deh. (Sambil mengacungkan jempol)
Akhirnya persahabatan mereka bersatu kembali, dan tidak ada yang memisahkan mereka sampai akhir hayat menjemput.


A. Analisis unsur intrinsik
1.
Tema
Persahabatan
2.
Latar
a.      Tempat :
·         Ruang kelas (Terlihat anggota 3BG masuk kedalam kelas tertawa-tawa.)
·         Sekolah (Kisah ini terjadi disebuah sekolah yang sangat terkenal bernama SMAN 1 Tepo Sliro.)
·         Jalan (“Tiba-tiba ada motor yang melaju kencang hingga menambrak Audy, untungnya saja Aulia menolong Audy”.)
b.      Waktu
·         Waktu sekolah (“ Di ruangan kelas yang terdapat berbagai kursi dan meja yang tertata rapi terjadi suatu keributan, …….”)
·         Pulang sekolah (“Beberapa lama kemudian bel pulang berbunyi, Andin dan Audy pulang bersama tanpa Aulia.”)
c.       Suasana
·         Gelisah (“Ada apa Din, kok kayaknya gelisah banget ?”)
·         Tegang (“Di ruangan kelas yang terdapat berbagai kursi dan meja yang tertata rapi terjadi suatu keributan, yang disebabkan salah satu anggota 3BG”.)
·         Gembira, penuh canda dan tawa (“Terlihat anggota 3BG masuk kedalam kelas tertawa-tawa”.)
·         Sedih (“Ya Allah, cobaan apa yang kau berikan pada persahabatan  Kami, apa salah kami sehingga kau memberi cobaan ini, Ya Allah kembalikan persahabatan kami seperti dulu lagi”.)
·         Susah (” Perusahaan Papaku bangkrut dan sekarang aku jatuh  miskin”.)
·         Menegangkan (“Awas Audy. - sambil berteriak dan mendorong Audy”)


3.
Tokoh
a.      Aulia
b.      Andin
c.       Audy
d.      Aldi
e.       Papa
4.
Penokohan
a.      Aulia: Baik hati, sabar ( “Ya Allah, cobaan apa yang kau berikan pada persahabatan  Kami, apa salah kami sehingga kau memberi cobaan ini, Ya Allah kembalikan persahabatan kami seperti dulu lagi”,  Tiba-tiba ada motor yang melaju kencang hingga menambrak Audy, untungnya saja Aulia menolong Audy)

b.      Andin: Baik hati, pemarah (“ Mulai saat ini kamu tidak akan jadi sahabat kami lagi.”, ” Kamu kok tega sih Aulia, kalau kamu butuh uang kamu  tinggal bilang sama kami, bukan begini caranya, selama kami selalu membantu kamu, tapi kamu kok tega banget.”)

c.       Audy: Baik hati, pemarah (“  Sabar ya.. Din! ini pasti bisa kamu lewati kok.”, “  Dasar kau anak miskin. (sambil menampar pipi Aulia)”)

d.      Aldi: Iri hati (“ Aku iri dengan persahabatan kalian yang sangat erat, makanya itu aku mencoba untuk merusak persahabatan kalian”)
e.       Papa: Bertanggung jawab (“proyek yang Papa Buat mengelami rugi yang sangat besar,  Jadi Papa harus menjual perusahaan Papa untuk membayar ganti rugi.”)

5.
Alur
Maju
6.
Sudut Pandang
Orang ketiga serba tahu
7.
Amanat
a.      Janganlah berburuk sangka terhadap orang lain tanpa bukti yang kuat
b.      Hendaknya tidak iri hati terhadap kebahagiaan orang lain.
c.       Haruslah bisa menjaga perasaan dalam persahabatan.
d.      Jadilah orang yang pemaaf bagi orang di sekitar.

B. Unsur Ekstrinsik
1.
Nilai Sosial
a.      Adanya diskriminasi kepada kelompok sosial di bawah, seperti yang diucapkan si Audy kepada Aulia.  (Dasar kau anak miskin. (sambil menampar pipi Aulia) Mereka kemudian duduk ditempat mereka masing-masing)
2.
Nilai Agama
a.      Aulia berdoa kepada Allah agar persahabatan mereka kembali baik seperti dulu.
3.
Nilai Moral
a.      Aldi merasa iri hati terhadap persahabatan Andin, Audy, dan Aulia.
b.      Aulia bersabar menghadapi cobaan dalam persahabatannya.
c.       Aldi melakuakan hal licik agar persahabatan 3BG pecah.

Saturday, 28 March 2015

6 Kebohongan Sains yang Pernah Menggemparkan Dunia

Berikut ini adalah fakta dari enam hal yang pernah menggemparkan dunia.

1. Manusia Piltdown
Manusia Piltdown atau Eoanthropus dawsoni, rekayasa manusia kera yang tidak hanya mengecoh para paleontologis, tapi seluruh orang di dunia. (National Geographic)
Manusia Piltdown atau Eoanthropus dawsoni, rekayasa manusia kera yang tidak hanya mengecoh para paleontologis, tapi seluruh orang di dunia. (National Geographic)

Foto di atas adalah Alvan T. Marston, seorang ilmuwan yang mengungkap salah satu kepalsuan terheboh dalam sejarah: Manusia Piltdown.

Sebelumnya di tahun 1912,  para ilmuwan mengira mereka telah menemukan titik terang hubungan kekerabatan antara manusia dan kera dengan ditemukannya satu set fosil tengkorak dan tulang rahang dari sebuah lubang bawah tanah di Piltdown, Inggris. Fosil tengkorak dan rahang tersebut lalu disusun oleh petugas British Museum sehingga menampilkan kepala manusia mirip kera, yang kemudian diidentifikasikan sebagai manusia Piltdown, manusia mirip kera.

Pemalsuan itu kemudian terungkap di tahun 1953, dengan deskripsi tulang tengkorak yang berasal dari manusia, tulang rahang orang utan, dan fosil gigi yang berasal dari kera. Yang disayangkan, sampai sekarang penyusun fosil di British Museum yang menjadi dalang pemalsuan ini masih belum diketahui.

2. Monster Loch Ness
Foto penampakan pertama monster Loch Ness, yang diambil oleh Colonel Robert Wilson. (National Geographic)
Foto penampakan pertama monster Loch Ness, yang diambil oleh Colonel Robert Wilson. (National Geographic)

Menurut legenda, monster Loch Ness sudah ada sejak lebih dari 1.400 tahun yang lalu, ketika Saint Columbia melihat bayangan makhluk air di kawasan Skotlandia.

Tapi monster Loch Ness tersebut tidak pernah disebut-sebut lagi kemunculannya hingga tahun 1993, ketika jalanan dibangun di sekitar perairan tempat Loch Ness ditemukan. Berbagai rumor pun kemudian berkembang, banyak orang melapor bahwa mereka telah melihat sosok Loch Ness di permukaan.

Di tahun yang sama, muncul foto penampakan monster Nessie –begitu ia kerap disebut, yang diambil dari seorang dokter ternama, Colonel Robert Wilson. Foto tersebut menunjukkan sosok Nessie yang keluar dari perairan gelap dan berkabut yang diduga menjadi tempat ia bermukim.

Satu tahun kemudian, foto dengan sosok Nessie itu kembali menarik perhatian dunia. Kali ini berita datang dari Christian Spurling, seorang kerabat dekat Wilson, yang mengaku bahwa foto hitam-putih yang diambil Wilson tersebut sebenarnya hanyalah sebuah plastik yang diikatkan ke sebuah kapal mainan, sehingga menyerupai sosok monster Loch Ness.

3.  Walrus Tasmania
Walrus Tasmania (National Geographic)
Walrus Tasmania (National Geographic)

Tadinya “hewan” ini dipakai sebagai bahan lelucon April Fools' Day di tahun 1984, ketika Orlando Sentinel mengarang cerita tentang keberadaan “Tasmanian mock walrus”, lengkap disertai dengan foto bergambartikus tanpa kulit (seperti terlihat pada gambar).

Dalam penelitian tersebut, binatang sepanjang empat inci (sepuluh sentimeter) tersebut merepresentasikan seekor walrus yang mendengkur seperti kucing, dan penurut seperti hamster.

4. Foto Cumi-Cumi Raksasa
Foto rekayasa cumi-cumi berukuran super besar yang ternyata berukuran normal. (National Geographic)
Foto rekayasa cumi-cumi berukuran super besar yang ternyata berukuran normal. (National Geographic)
Pada bulan Januari 2014 media pernah digemparkan oleh sebuah foto seekor cumi-cumi raksasa sepanjang 49 meter. Setelah diusut kebenarannya, ternyata cumi tersebut aslinya hanya berukuran sepanjang 12 meter. Foto yang beredar luas di internet adalah foto yang telah diedit dan diperbesar.

5. Raksasa Cardiff
Raksasa Cardiff (National Geographic)
Raksasa Cardiff (National Geographic)

Di tahun 1869 sebuah penemuan oleh seorang petani dan pembuat rokok membuat heboh dunia. Fosil manusia batu sepanjang tiga meter dengan berat 1.360 kilogram ditemukan terkubur di Cardiff, New York. Ternyata, fosil manusia raksasa tersebut hanyalah patung biasa buatan manusia.

6. Bigfoot

Foto-foto warga yang menyatakan pernah melihat manusia Bigfoot dan mendapatkan "bukti" jejak kaki mereka. (National Geographic)
Foto-foto warga yang menyatakan pernah melihat manusia Bigfoot dan mendapatkan "bukti" jejak kaki mereka. (National Geographic)
Dengan maraknya penemuan jejak kaki manusia beberapa minggu belakangan ini, kita jadi semakin ragu tentang kebenaran temuan-temuan jejak kaki manusia Bigfoot. Para ilmuwan sepakat bahwa tidak mungkin ada binatang berkaki dua dengan tubuh raksasa berjalan dengan santai diantara turis dan binatang-binatang liar lainnya di tempat-tempat umum.

Dulu, pada tahun 1920, sebuah temuan yang memperlihatkan jejak kaki Bigfoot dalam jumlah banyak terdapat di Northwest. Rant Mullens, sang penemu, mengatakan bahwa ia akan membantu pencarian wujud asli Bigfoot tersebut. Pada foto sebelah kiri, seorang anak kecil di tahun 1975 terlihat sedang memegang sebuah plaster yang diduga adalah sebuah jejak kaki Sasquatch yang ditemukan di Puyallup, Washington DC. (National Geographic)

Wednesday, 25 March 2015

Manfaat Batu Akik Berdasarkan Warnanya

Batu akik merupakan suatu fenomena yang sedang naik daun di indonesia. Penggemar batu akik di indonesia juga berasal dari berbagai kalangan. Harga dari batu akik ini juga sangat bervariasi, mulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah. Kebanyakan dari mereka  menggunakan batu akik hanya sebagai style, namun tidak sedikit juga yang memakai batu akik karena batu tersebut dipercaya memiliki kekuatan ghoib yang bisa memberikan manfaat kepada si pemakai. Ternyata manfaat dari batu akik juga bisa diklasifikasikan dari warna batu tersebut.

1. BATU AKIK WARNA UNGU
Warna ungu masih berkaitan dengan kepala sebagai cakra ke tujuh. Warna ini meliputi jenis kecubung (ametis) dan turmalin ungu. Energi yang dipancarkan dari batu akik ini bisa membantu menumbuhkan ketenangan, baik untuk membantu pengembangan kebatinan yang positif, mengurangi emosi yang negatif, dan daya tahan tubuh.
BATU AKIK WARNA UNGU
BATU AKIK WARNA UNGU

2. BATU AKIK WARNA PUTIH
Warna ini berasal dari batu berlian putih, kwarsa yang jernih, mutiara putih, akik putih yang tranparant dan kalsit, biduri laut, moonstone. Warna dari bebatuan ini memunculkan sumber energi di bagian kepala tepatnya ubun-ubun. Sekaligus menghasilkan getaran-getaran positif untuk membantu menciptakan keselarasan, keseimbangan, dan menjaga kesehatan tubuh.
BATU AKIK WARNA PUTIH
BATU AKIK WARNA PUTIH (img: klimg.com)
3. BATU AKIK WARNA BIRU, BIRU TUA
Batu akik yang memiliki warna biru atau biru tua diantaranya batu mulia safir, turmalin, lapis lazuli, batu-batu yang berwarna agak biru tua.  Getaran warna dan jenis batu tersebut terkait dengan cakra ke enam ( cakra yang terletak di tengah kening kepala ). Getaran jenis ini membantu menumbuhkan kebijaksanaan, mengembangkan intuisi, memperkuat mata dan telinga, memperkuat daya-ingat, bahkan membantu meningkatkan kepekaan terhadap dunia supranatural.
BATU AKIK WARNA BIRU, BIRU TUA
BATU AKIK WARNA BIRU, BIRU TUA
4. BATU AKIK WARNA HIJAU KEBIRU-BIRUAN DAN BIRU MUDA
Jenis batu akik yang bisa memancarkan warna ini diantaranya batu mulia pirus, akuamarin, topas biru, malasit biru, kwarsa yang biru, juga turmalin yang biru. Jenis getaran yang dihasilkan oleh batu ini berkaitan dengan cakra yang ke lima (yang terletak di tenggorokan). Pengaruh getarannya membantu dalam kelancaran berbicara dan bernyanyi, menyehatkan bagian leher, tenggorokan, dan bagian bahu. Selain itu getarannya membantu manusia menjadi lebih bijaksana.
BATU AKIK WARNA HIJAU KEBIRU-BIRUAN DAN BIRU MUDA
BATU AKIK WARNA HIJAU KEBIRU-BIRUAN DAN BIRU MUDA (img: pencintabatu.com)

5. BATU AKIK WARNA HIJAU
Batu mulia giok, zamrud, dan batu bacan merupakan beberapa batu akik yang memiliki warna hijau. Warna hijau berkaitan dengan cakra yang ke empat yang terletak di daerah jantung/dada. Getarannya membantu memperkuat jantung, menumbuhkan kasih-sayang, dan memperkuat otot-otot dan syaraf serta dapat mengurangi emosi yang menghasilkan energi negatif.
BATU AKIK WARNA HIJAU
BATU AKIK WARNA HIJAU (img: tutorialbagus.com)

6. BATU AKIK WARNA MERAH
Jenis batu yang memiliki warna merah diantaranya batu mirah siam, ruby, jasper, garnet dan koral. Jenis ini berkaitan dengan cakra pertama (terletak di tunggir, bagian “tempat duduk”). Pengaruh getarannya menumbuhkan hawa-panas, menambah tenaga tubuh secara keseluruhan karena mempengaruhi peredaran darah, menjadi lebih giat bekerja dan membantu “membuka” cakra pertama.
BATU AKIK WARNA MERAH
BATU AKIK WARNA MERAH (img: selingkaran.com)

7. BATU AKIK WARNA HITAM
Batu onyx, akik, koral hitam, safir hitam, batu wulung, merupakan jenis batu yang memiliki warna hitam kelam. Warna dan getarannya berkaitan dengan telapak kaki. Pengaruhnya sangat memperkuat daya-fokus (ketekunan dalam urusan duniawi), keteguhan, ketabahan, dan menambah pula ketenangan. Selain itu menjadi “penyalur” tenaga langsung ke bumi.
BATU AKIK WARNA HITAM
BATU AKIK WARNA HITAM (img: enajwa.com)




8. BATU AKIK WARNA ABU-ABU

Warna yang satu ini dihasilkan dari Batu akik, mutiara yang abu – abu, dan mata-kucing yang keabu-abuan, serta badar besi. Getaran warnanya berkaitan langsung dengan bagian tengah kaki ( betis ). Pengaruh getarannya memperkokoh kaki, menambah ketabahan dan menjadi “penyalur” tenaga ke bumi.
BATU AKIK WARNA ABU-ABU
BATU AKIK WARNA ABU-ABU (img: cahayabatumulia)

Tuesday, 24 March 2015

Batu Akik Diobral Seharga Rp.5000 Jelang Penutupan Festival

Sejumlah pedagang batu akik mengobral dagangannya dengan harga Rp5.000 saat penutupan Festival Batu Akik Nusantara. Hal ini dilakukan karena Festival Batu Akik Nusantara telah menginjak acara penutupan dan banyak batu yang belum habis terjual. Acara Festival Batu Akik Nusantara tersebut telah berlangsung dari tanggal Rabu (18/3/2015) hingga Senin malam (23/3/2015) di Gorontalo.

Seorang pedagang mengatakan bahwa mereka terpaksa mengobralnya karena pedagang lain mulai menurunkan harga mulai kemarin. Sebelumnya batu akik diobral sepuluh ribu, tapi pada senin malam  cukup lima ribu saja. Dengan harga tersebut, pengunjung bisa membawa pulang batu akik.
 
Abdul Wahab Nasaru, salah seorang pedagang, mengungkapkan bahwa penurunannya harga batu akik disebabkan oleh penjualan selama festival yang dinilai sangat tidak bergairah. Pengunjung yang datang memang ramai, tetapi hanya melihat-lihat saja. Ia pun menuturkan bahwa omsetnya kali ini menurun drastis dibanding festival dan pameran beberapa waktu lalu.

Batu Akik Diobral dengan Harga Rp.5000
Obral Batu Akik (img: rri.co.id)

Lesunya acara tersebut disinyalir karena pemerintah tidak mempersiapkan festival dengan baik. Buktinya, menurut Abdul, panitia membiarkan masuknya batu sintesis dan dijual murah. Hal ini merugikan masyarakat, karena kebanyakan dari mereka tidak tahu mana batu akik asli atau sintesis. Berbeda dengan pameran di daerah lain di mana ada standarisasi harga batu akik, Wahab mengungkap hal itu tidak terjadi di Gorontalo. Akibatnya harga batu anjlok. Omset kali ini turun drastis dibanding kami mengikuti pameran beberapa waktu lalu. Pengunjung yang datang ramai, tapi  hanya beberapa di antaranya yang membeli.
 
Pedangang juga mengeluhkan dengan sikap para pejabat yang hanya datang dan meminta batu akik kepada pedagang, serta lebih memilih membeli batu milik pedagang dari daerah lain. Meskipun banyak terjadi hal-hal kontra, festival yang juga diikuti oleh pedagang negara seperti Malaysia dan Brunei Darussalam diklaim oleh  panitia bahwa nilai transaksi batu akik saat acara berlangsung sekitar Rp 11 Miliar, dimana transaksi tersebut  termasuk transaksi produk kuliner dan barang lain dalam pameran. (ref: antaranews.com, liputan6.com)

Monday, 23 March 2015

Batu Zircon Biru, Kristal Indah Berusia 4,4 Miliar Tahun

Sebuah batu kristal kecil berusia sekitar 4,4 miliar tahun telah dikonfirmasi sebagai fragmen tertua dari kerak bumi. Batu permata jenis kristal zircon berwana biru tersebut ditemukan pada batu pasir di wilayah Jack Hills of Western Australia. Para ilmuwan memperkirakan umur kristal tersebut dengan mempelajari uranium dan atom timah.

Temuan ini telah dilaporkan dalam jurnal Nature Geoscience. Implikasinya adalah bahwa bumi telah membentuk kerak padat lebih cepat setelah pembentukannya 4,6 miliar tahun yang lalu dari yang diperkirakan sebelumnya, dan sangat cepat mengikuti tabrakan besar dengan tubuh seukuran Mars yang diperkirakan telah menghasilkan bulan hanya beberapa puluh jutaan tahun setelah itu. Sebelum waktu ini, Bumi akan menjadi bola mendidih magma cair.

Tetapi pengetahuan bahwa permukaannya mengeras begitu awal menimbulkan prospek menggiurkan bahwa dunia kita menjadi siap menjadi tuan rumah kehidupan yang sangat awal dalam sejarah. "Ini menegaskan pandangan kami tentang bagaimana bumi didinginkan dan menjadi layak unutk dihuni," kata pemimpin penulis Prof John Valley, dari University of Wisconsin-Madison, AS.
Zircon Crystal is 'oldest scrap of Earth crust'
Batu Kristal Zircon Biru (img: sci-news.com)


"Kami tidak memiliki bukti bahwa kehidupan ada saat itu. Kita tidak punya bukti bahwa itu tidak. Tetapi tidak ada alasan mengapa hidup tidak bisa ada di Bumi 4,3 miliar tahun yang lalu," katanya kepada kantor berita Reuters.
Zircon yang ditemukan di Jack Hills adalah potongan-potongan yang kecil dan dari batu tua. Nyaris ak terlihat dengan mata telanjang. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan zirkon Jack Hills dalam publikasi Prof Valley yang angat kuno, tetapi para ilmuwan memiliki kekhawatiran bahwa beberapa atom mungkin telah hilang atau bahkan bermigrasi di dalam kristal dari waktu ke waktu.

Hal ini akan memberikan kesan zirkon yang lebih tua daripada yang sebenarnya. Namun, dengan menggunakan dua teknik analisis sensitif, Prof Valley dan rekan mampu menunjukkan bahwa zirkon tersebut menunjukkan usia yang sebenarnya.

Dengan demikian, penelitian mereka menunjukkan lapisan permukaan bumi baru terbentuk setelah itu atau sekitar 100 juta tahun kemudian. Usia kristal itu juga menunjukkan bahwa lapisan permukaan bumi, di mana terdapat kristal itu di dalamnya, baru muncul sekitar 160 juta tahun setelah terbentuknya tata surya. (bbc.com)

INFO POPULAR

 
| Disclaimer | Privacy Policy | Site Maps | Contact | About Copyright © 2015 Gudang News Info